Sukses

Australia Mulai Berikan Vaksin COVID-19 Dosis Keempat untuk Lansia di Atas 65 Tahun

Australia memberikan dosis vaksin tambahan untuk lansia.

Liputan6.com, Sydney - Australia menawarkan dosis keempat vaksin COVID-19 kepada lebih dari 65-an mulai bulan depan, otoritas kesehatan federal mengumumkan Jumat (25 Maret), ketika strain Omicron baru menyebar melalui populasi.

Kelompok penasihat teratas tentang vaksin menyetujui dosis keempat untuk kelompok rentan: mereka yang berusia di atas 65 tahun, penduduk asli di atas 50 tahun, orang-orang yang kekebalannya terganggu, dan penghuni rumah perawatan. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (25/3/2022).

Dalam enam minggu terakhir, negara-negara lain, termasuk Prancis, Jerman dan Swedia serta otoritas kesehatan di Inggris, telah merekomendasikan dosis vaksin COVID-19 keempat untuk yang paling rentan, termasuk orang tua.

Australia telah melaporkan tingkat infeksi harian lebih dari 50.000 dalam beberapa hari terakhir - sekitar dua kali lipat dari hanya sebulan sebelumnya - sebagian disebabkan oleh peningkatan varian Omicron yang lebih menular.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Vaksin

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan dosis tambahan akan tersedia mulai 4 April - hampir dua bulan sebelum dimulainya musim dingin Australia - untuk orang yang mendapat dosis ketiga setidaknya empat bulan sebelumnya.

"Booster adalah perlindungan terbaik Anda terhadap dampak COVID-19 yang paling parah dan dapat memberikan perlindungan terhadap COVID yang berkepanjangan," kata Hunt.

Menteri kesehatan juga mengatakan orang yang tiba di Australia tidak lagi harus mendapatkan bukti tes COVID-19 negatif terlebih dahulu ketika undang-undang darurat COVID-19 berakhir pada 17 April.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.