Sukses

Jika Rusia Dikeluarkan dari KTT G20, Joe Biden Bakal Undang Ukraina

Presiden AS Joe Biden mendukung agar Rusia dikeluarkan KTT G20.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joe Biden mengatakan alat paling efektif untuk mengakhiri invasi ke Ukraina adalah menjaga persatuan NATO dan Eropa dan menghukum negara-negara yang menentang sanksi terhadap Rusia.

Dia juga mengatakan, setelah hari pertemuan dengan sekutu kunci di sini, bahwa Rusia harus dikeluarkan dari kelompok negara-negara G20. Dan bahwa jika negara-negara G20 lainnya tidak mendukung pengusiran Rusia dari kelompok, maka dia akan membuat Ukraina dapat berpartisipasi dalam pertemuan itu. Demikian seperti dikutip dari laman NBC News, Jumat (25/3/2022).

"Satu-satunya hal yang paling penting adalah bagi kita untuk tetap bersatu dan dunia untuk terus fokus pada betapa kejamnya orang ini (Presiden Rusia Vladimir Putin) dan semua nyawa orang tak bersalah yang akan hilang dan hancur dan apa yang terjadi," kata Biden saat konferensi pers. 

"Jika Anda adalah Putin dan Anda berpikir bahwa Eropa akan retak dalam satu bulan atau enam minggu atau dua bulan, mengapa tidak. Mereka dapat mengambil apa pun untuk satu bulan lagi. Tapi alasan saya meminta pertemuan itu, kita harus tetap sepenuhnya, benar-benar bersatu," kata Biden.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sanksi untuk Rusia

AS mengumumkan paket sanksi baru terhadap Rusia yang akan berlaku untuk lebih dari 400 orang Rusia dan entitas Rusia, termasuk Duma dan lebih dari 300 anggotanya, bersama dengan lebih dari 40 perusahaan pertahanan. 

Biden mengatakan dia tidak mengantisipasi tindakan apa pun yang diambil untuk berdampak pada perilaku Putin dalam jangka pendek, alih-alih menunjuk pada dampak tekanan yang berkelanjutan dan terkoordinasi.

“Mengapa saya meminta pertemuan NATO hari ini adalah untuk memastikan bahwa setelah satu bulan kami akan mempertahankan apa yang kami lakukan, tidak hanya bulan depan dan bulan berikutnya, tetapi untuk sisa tahun ini. Itulah yang akan menghentikannya,” kata Biden.

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Putin Stop Serang Ukraina:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.