Sukses

Donald Trump Tuntut Hillary Clinton, Tuding Berkonspirasi Rusak Kampanye Pilpres 2016

Gugatan Donald Trump termasuk kepada Hillary Clinton menyebutkan sejumlah besar karakter yang dituduhnya selama bertahun-tahun mengatur konspirasi "negara dalam" terhadapnya.

Liputan6.com, Washington D.C - Mantan Presiden Donald Trump mengajukan gugatan federal yang luas pada Kamis 25 Maret 2022 terhadap Hillary Clinton, Komite Nasional Demokrat dan 26 orang serta entitas lain yang ia klaim berkonspirasi untuk merusak kampanye Pilpres 2016 dengan mengaikatkannya secara palsu ke Rusia.

Mengutip CNN, Jumat (25/3/2022), gugatan itu menyebutkan sejumlah besar karakter yang dituduh Donald Trump selama bertahun-tahun mengatur konspirasi "negara dalam" terhadapnya - termasuk mantan Direktur FBI James Comey dan pejabat FBI lainnya, pensiunan mata-mata Inggris Christopher Steele dan rekan-rekannya, dan segelintir orang. penasihat kampanye Clinton.

"Dengan kedok 'penelitian oposisi,' 'analisis data,' dan strategi politik lainnya, para Tergugat dengan kejam berusaha mempengaruhi kepercayaan publik," kata gugatan yang diajukan di pengadilan federal di Florida. "Mereka bekerja sama dengan satu tujuan, melayani diri sendiri: menjelek-jelekkan Donald J. Trump."

Lebih dari 108 halaman, gugatan itu ditujukan kepada banyak lawan politik Trump dan menyoroti keluhan yang telah dia keluhkan selama bertahun-tahun. Ia mengklaim Demokrat dan pejabat pemerintah melakukan serangkaian pelanggaran, mulai dari konspirasi pemerasan hingga penuntutan jahat, penipuan komputer, dan pencurian data rahasia internet. Gugatan itu meminta biaya dan kerusakan lebih dari $24 juta.

Gugatan itu juga berisi beberapa ketidakakuratan faktual dan beberapa klaim palsu muluk atau berlebihan yang sama yang telah dibuat Trump puluhan kali.

Gugatan perdata itu menuduh bahwa Clinton dan petinggi Demokrat menyewa pengacara dan peneliti untuk mengarang informasi yang mengikat Trump ke Rusia, dan kemudian menjajakan kebohongan itu kepada media dan pemerintah AS, dengan harapan akan melemahkan peluangnya untuk menang pada 2016. Trump mengklaim bahwa mereka salah. dibantu oleh "loyalis Clinton" di FBI, yang menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk menyelidiki dia karena permusuhan politik.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tudingan Demi Tudingan

John Podesta, ketua kampanye Clinton 2016 dan salah satu terdakwa gugatan, mengungkap di Twitter bahwa bagian dari gugatan itu mungkin "menghebohkan."

"Apakah menurut Anda Trump mengajukan kasus ini dengan harapan memanggil Vladimir Putin sebagai saksi karakter? Pernyataan Trump seharusnya menjadi tamparan," tulis Podesta.

CNN telah menghubungi banyak terdakwa untuk memberikan komentar. Beberapa pengacara untuk terdakwa yang disebutkan dalam gugatan itu masih mencernanya pada hari Kamis.

"Kami belum sempat membaca pengaduan, tetapi mengetahui mantan Presiden, mungkin sangat sedikit di sana yang benar," kata Aitan Goelman, yang mewakili mantan pejabat FBI Peter Strzok.

Kampanye Clinton memang diketahui membayar peneliti untuk menggali informasi tentang Trump dan Rusia, dan Demokrat yang terhubung dengan baik membawa beberapa temuan mereka ke penegakan hukum, percaya bahwa kemungkinan hubungan antara Trump dan Rusia layak untuk diselidiki. Tapi banyak tuduhan dalam gugatan sebelumnya telah dibantah oleh inspektur jenderal Departemen Kehakiman dan laporan bipartisan dari Komite Intelijen Senat.

Penasihat khusus John Durham, selama tiga tahun terakhir, telah menyelidiki banyak perilaku yang disebutkan Trump dalam gugatannya. Durham belum melangkah sejauh apa yang diklaim Trump.

Durham telah mengajukan tuntutan pidana terhadap tiga terdakwa yang digugat Trump pada hari Kamis. Ia mendapatkan pengakuan bersalah dari mantan pengacara FBI tingkat rendah Kevin Clinesmith, yang mengaku mengubah email yang mendukung surat perintah pengawasan terhadap mantan pembantu kampanye Trump yang memiliki koneksi luas dengan agen Rusia.

Durham juga menuduh pengacara kampanye Clinton, Michael Sussmann, berbohong kepada FBI tentang siapa yang dia wakili selama pertemuan musim gugur 2016 tentang hubungan Donald Trump-Rusia. Durham menuduh Sussmann diam-diam membawa kecurigaan tentang Trump ke FBI sebagai bagian dari pekerjaannya untuk Demokrat, termasuk Clinton. Dan Durham juga menuduh sumber informasi utama Steele untuk berkasnya yang terkenal, Igor Danchenko, dengan berbohong kepada FBI pada tahun 2017 tentang kontaknya terkait dengan berkas tersebut. Baik Sussmann dan Danchenko melawan tuduhan tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Gugatan Donald Trump Berisi Konspirasi Picu Penyelidikan Tak Berdasar

Gugatan Trump mengklaim bahwa Clinton dan terdakwa lainnya berkonspirasi untuk memicu "penyelidikan tidak berdasar" oleh FBI terhadap potensi kolusi Trump-Rusia dalam pemilihan 2016. Beberapa hakim federal menegakkan legalitas penyelidikan itu, yang kemudian diambil alih oleh penasihat khusus Robert Mueller dan mengungkap lusinan hubungan antara rekanan Trump dan pejabat Rusia.

Penyelidikan menetapkan bahwa Rusia campur tangan dalam pemilihan 2016 untuk membantu Trump menang, melalui operasi hack-and-leak melawan Clinton, dan dengan kampanye disinformasi canggih yang menargetkan pemilih AS di media sosial. Penyelidikan juga menemukan bahwa kampanye Trump berusaha memanfaatkan campur tangan Rusia, meskipun tidak membangun konspirasi kriminal antara pembantu Trump dan orang Rusia mana pun.

Beberapa pakar hukum dengan cepat mempertimbangkan gugatan Trump pada hari Kamis, menolaknya sebagai aksi politik yang tidak berdasar.

Carter Page, mantan penasihat kampanye kepresidenan Trump, juga menggugat beberapa orang yang sama yang disebut Trump sebagai terdakwa pada hari Kamis, tetapi gugatannya lebih terfokus pada pelanggaran hak privasinya ketika dia diawasi oleh FBI dalam penyelidikan Rusia.Cerita ini telah diperbarui dengan detail tambahan.

4 dari 4 halaman

Infografis Presiden AS Donald Trump

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.