Sukses

Menlu China Wang Yi Kunjungi Afghanistan Pertama Kali, Temui Taliban?

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengunjungi Afghanistan untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri China Wang Yi tiba di Kabul pada Kamis (24 Maret), seminggu sebelum Beijing menjadi tuan rumah pertemuan tetangga Afghanistan untuk melihat bagaimana mereka dapat membantu negara itu menyusul pengambilalihan oleh kelompok Islam garis keras.

"Menteri Luar Negeri China tiba di Kabul untuk berbicara dengan para pemimpin Imarah Islam," cuit Ahmad Yasir, seorang pejabat tinggi pemerintah Taliban.

Yi tiba di Kabul dari Islamabad, di mana dia menghadiri pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) selama dua hari.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan China-Afghanistan

China berbagi perbatasan 76 km yang kasar dengan Afghanistan, tetapi Beijing telah lama khawatir tetangganya itu bisa menjadi titik pementasan bagi separatis minoritas Muslim Uyghur dari Xinjiang.

Bahkan sebelum pengambilalihan Afghanistan pada 15 Agustus oleh Taliban, Beijing berusaha mempertahankan hubungan dengan kelompok itu ketika pasukan pimpinan AS mundur.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini