Sukses

Update Kasus COVID-19 Hari Ini 24 Maret 2022, Selandia Baru Cabut Aturan Mandat Vaksin

Selandia Baru mencabut aturan mandat vaksin COVID-19 ketika kasus Omicron terus bertambah.

Liputan6.com, Wellington - Pemerintah Selandia Baru mengatakan pada hari Rabu (23 Mei) akan mencabut mandat vaksin untuk sejumlah sektor mulai 4 April ketika wabah COVID-19 saat ini mendekati puncaknya.

Tanggapan Selandia Baru terhadap pandemi mendapat pujian di luar negeri dan menjaga angka rawat inap dan kematian tetap rendah. Tapi kemarahan publik atas pembatasan domestik yang berkelanjutan telah tumbuh, mencapai klimaks awal bulan ini selama protes kekerasan di luar legislatif negara di Wellington. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (24/3/2022).

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan pada konferensi pers bahwa hanya mereka yang bekerja dengan orang-orang yang rentan seperti perawatan lanjut usia dan sektor kesehatan dan pekerja perbatasan yang perlu divaksinasi mulai 4 April.

Izin vaksin juga tidak lagi wajib untuk mengunjungi restoran, kedai kopi, dan ruang publik lainnya, tambahnya.

"Dengan lebih banyak alat dan salah satu populasi yang paling banyak divaksinasi di dunia, kami dapat terus bergerak maju dengan aman," kata Ardern saat mengumumkan pencabutan sebagian besar aturan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Vaksinasi COVID-19

Lebih dari 95 persen penduduk Selandia Baru yang berusia di atas 12 tahun kini telah menerima dua dosis vaksinasi.

Tetapi dengan lebih dari 500.000 kasus yang dikonfirmasi di negara berpenduduk 5 juta itu, virus itu kini menyebar luas.

Ardern mengatakan dengan puncak wabah di kota terbesar Selandia Baru, Auckland, sekarang telah berlalu dan seluruh negara itu diperkirakan akan melihat puncak infeksi sebelum mandat 5 April dapat segera dicabut.

"Dengan turunnya kasus kami, inilah saatnya untuk mengambil langkah selanjutnya dengan keyakinan pada kekebalan dan perlindungan kolektif yang telah kami bangun," katanya.

Langkah itu dilakukan seminggu setelah pemerintah mengumumkan akan membuka perbatasan bagi warga Australia mulai pertengahan April dan mereka yang menjalani program bebas visa mulai Mei.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Januari 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.