Sukses

Kisah Mantan Menteri Keuangan Afghanistan Jadi Sopir Taksi Online di AS

Khalid Payenda, yang pernah menjadi menteri keuangan era Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, mengemudikan taksi online Uber di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Washington D.C - Beberapa hari sebelum Afghanistan jatuh ke tangan Taliban Agustus 2020 lalu, Ashraf Ghani, presiden Afghanistan, "diterima" di Uni Emirat Arab. Dia diduga telah membawa serta $169 juta, dari perbendaharaan negaranya.

Sorotan media di Afghanistan memudar dengan cepat - tetapi penderitaan rakyatnya masih jauh dari selesai.

Enam bulan kemudian, Khalid Payenda, yang pernah menjadi menteri keuangan era Presiden Ghani, mengemudikan taksi online Uber di Washington DC, Amerika Serikat.

"Jika saya menyelesaikan 50 perjalanan dalam dua hari ke depan, saya menerima bonus $95 sekitar Rp 1,3 juta," kata Payenda kepada Washington Post, dari belakang kemudi Honda Accord.

Mengutip The Guardian, Senin (21/3/2022), pria berusia 40 tahun itu pernah mengawasi anggaran $ 6 miliar yang didukung AS. The Post melaporkan bahwa dalam satu malam awal minggu ini, sebagai sopir taksi online dia menghasilkan "sedikit lebih dari $150 untuk enam jam kerja, tidak termasuk perjalanannya - malam yang biasa-biasa saja".

The Post mencatat Payenda memberi tahu seorang penumpang bahwa kepindahannya dari Kabul ke Washington telah "cukup menyesuaikan".

Dia juga mengatakan dirinya bersyukur atas kesempatan dapat menghidupi keluarganya, tetapi "Saat ini, saya tidak punya tempat. Saya tidak pantas di sini dan saya tidak pantas di sana. Ini adalah perasaan yang sangat kosong."

Afghanistan menghadapi krisis kemanusiaan dan ekonomi, aset dibekukan dan terputus dari bantuan internasional yang akan membutuhkan pengakuan dari pemerintah Taliban yang menggantikan rezim yang didukung AS.

The Post menggambarkan pengalaman Payenda pada akhir 2020, ketika ibunya meninggal karena COVID-19 di rumah sakit Kabul yang miskin. Dia menjadi menteri keuangan setelah itu. The Post mengatakan dia sekarang berharap dia tidak melakukannya.

"Saya melihat banyak keburukan, dan kami gagal," katanya. "Saya adalah bagian dari kegagalan. Sulit ketika Anda melihat kesengsaraan orang-orang dan Anda merasa bertanggung jawab."

Payenda mengatakan kepada The Post bahwa dia percaya orang Afghanistan "tidak memiliki keinginan kolektif untuk melakukan reformasi, untuk menjadi serius". Namun dia juga mengatakan AS mengkhianati komitmennya terhadap demokrasi dan hak asasi manusia setelah menjadikan Afghanistan sebagai pusat kebijakan pasca-9/11.

"Mungkin ada niat baik pada awalnya tetapi Amerika Serikat mungkin tidak bermaksud demikian," kata Payenda.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pergi Sepekan Sebelum Taliban Berkuasa

Payenda mengundurkan diri sebagai menteri keuangan seminggu sebelum Taliban merebut Kabul, karena hubungannya dengan Ghani memburuk. Khawatir presiden akan menangkapnya, dia pergi ke AS, di mana dia bergabung dengan keluarganya.

"Kami memiliki 20 tahun dan dukungan seluruh dunia untuk membangun sistem yang akan bekerja untuk rakyat," kata Payenda dalam pesan teks kepada seorang pejabat Bank Dunia di Kabul pada hari ibu kota jatuh, dikutip oleh The Post.

“Yang kami bangun hanyalah seperti rumah kartu yang runtuh secepat ini. Rumah kartu yang dibangun di atas dasar korupsi."

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.