Sukses

Joe Biden Akan Bertemu Presiden Polandia Bahas Serangan Rusia ke Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Polandia Andrzej Duda bahas serangan Rusia ke Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. Biden berangkat ke Polandia untuk membahas tanggapan internasional terhadap invasi Rusia ke Ukraina yang telah memicu "krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia."

Menurut juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Biden akan melakukan perjalanan ke Warsawa, yang merupakan tempat dia mengadakan pertemuan dengan Duda. Perjalanan Biden ke Polandia akan dilakukan sehari setelah dia bertemu di Brussels dengan para sekutu di NATO, pemimpin G7 dan pemimpin Uni Eropa untuk membahas upaya internasional mendukung Ukraina setelah invasi Rusia.

Pihak Gedung Putih juga mengatakan, Biden akan mengadakan percakapan via telepon Senin pukul 11.00 Waktu Standar Timur (22.00 WIB) dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk membahas tanggapan terkoordinasi mereka terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis 17 Maret menunjukkan sekitar 3,2 juta orang telah mengungsi ke luar negeri dari Ukraina sejak bulan lalu. Peristiwa itu menjadi krisis pengungsi yang berkembang paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

PBB mengatakan sebagian dari 2 juta orang yang memasuki Polandia dari Ukraina telah pindah ke negara lain di EU tetapi "mayoritas diyakini masih di Polandia."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadiri KTT Darurat NATO di Ukraina

Biden akan menghadiri KTT darurat NATO di Ukraina serta pertemuan G7. Dia juga akan bergabung dengan KTT Dewan Eropa yang dijadwalkan untuk membahas Ukraina "termasuk upaya transatlantik untuk membebankan biaya ekonomi pada Rusia, memberikan dukungan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak kekerasan, dan mengatasi tantangan lain yang terkait dengan konflik itu," kata Gedung Putih.

Sebelumnya pada Minggu 20 Maret, Psaki mengatakan Biden tidak berencana mengunjungi Ukraina selama perjalanannya ke Eropa minggu ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.