Sukses

Fakta Cendera Mata Keris hingga Senjata Emas untuk Pangeran MBZ dari Menhan Prabowo

Berikut ini fakta cendera mata berupa keris hingga senapan yang diberikan oleh Menhan Prabowo ke Pangeran MBZ.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertandang ke kediaman pribadi Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Abu Dhabi, Kamis 17 Maret 2022.

Sebelumnya, Menhan Prabowo juga telah bertemu dengan Menhan Uni Emirat Arab H.E. Mohammed Ahmed Al Bowardi, Jumat 4 Maret lalu di Riyadh.

Dalam kunjungan ke Pangeran MBZ, Menhan Prabowo memberikan sejumlah cendera mata dari Indonesia. Berupa senjata khas dan buata khusus dari Tanah Air.

Berikut ini fakta cendera mata berupa keris hingga senapan yang diberikan oleh Menhan Prabowo ke Pangeran MBZ, merangkum dari akun Instagram @kemhanri yang dikutip Minggu (20/3/2022):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Keris Bali

Pada kunjungan ke kediaman Pangeran MBZ di Abu Dhabi, Menhan Prabowo memberikan sebilah keris tradisional nusantara. Senjata tradisional itu diketahui berasal dari Bali.

3 dari 6 halaman

2. Senjata Berlapis Emas

Cendera mata lain yang diberikan adalah pistol G2 Elite berlapis emas bertuliskan nama Pangeran MBZ. Senjata ini diketahui buatan industri pertahanan RI PT Pindad (Persero).

4 dari 6 halaman

3. Senjata Serbu

Cendera mata buatan Indonesia lain yang diberikan oleh Menhan Prabowo adalah senapan SS2 V5 bertulisan nama Pangeran MBZ dalam tulisan Arab.

Senjata ini juga dibuat oleh industri pertahanan RI PT Pindad (Persero).

5 dari 6 halaman

Ini yang Dibahas Menhan Prabowo Saat Kunjungan

Pada pertemuan yang berlangsung empat mata ini Menhan Prabowo dan Pangeran MBZ membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, termasuk industri strategis, antara Indonesia dan UEA.

Menurut akun Instagram Kemhan RI, Menhan Prabowo dan Pangeran MBZ pada pertemuan tersebut membahas kelanjutan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang industri pertahanan dan pendidikan sebagai tindak lanjut dari MoU kerja sama pertahanan antara RI dan UEA yang ditandatangani Februari 2020 lalu di Abu Dhabi.

Beberapa lingkup kerja sama pertahanan kedua negara yang telah terjalin saat ini di antaranya pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi industri pertahanan, peningkatan kapasitas termasuk SDM, dan pertukaran informasi dan pandangan terkait kepentingan kedua negara dalam hal pertahanan dan keamanan.

Pertemuan antara Menhan Prabowo dan Pangeran MBZ adalah bukti semakin eratnya hubungan pertahanan, termasuk industri pertahanan kedua negara. Tim UEA telah berkunjung ke Indonesia untuk melihat potensi industri pertahanan Indonesia pada awal bulan ini. Sementara itu, tim dari Indonesia juga akan datang melihat dan mengkaji potensi industri pertahanan UEA.

Pada pertemuan tersebut, Menhan Prabowo juga membawakan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Pangeran MBZ untuk meningkatkan hubungan strategis kedua negara. Pangeran MBZ pun menyampaikan salam kepada Presiden Jokowi dan harapannya untuk kemakmuran dan pembangunan lebih lanjut untuk Indonesia.

6 dari 6 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.