Sukses

Turki Jadi Perantara, Presiden Putin Sampaikan Syarat Berdamai dengan Ukraina

Presiden Vladimir Putin menyampaikan keinginannya kepada Turki sebelum bisa berdamai dengan Ukraina.

Liputan6.com, Moskow - Turki telah memposisikan dirinya dengan sangat hati-hati untuk menjadi perantara dengan Rusia dan Ukraina - dan ini tampaknya membuahkan hasil.

Pada Kamis sore, Presiden Vladimir Putin menelepon Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan mengatakan kepadanya apa tuntutan sebenarnya dari Rusia untuk kesepakatan damai dengan Ukraina. Demikian seperti dilansir dari laman BBC, Jumat (18/3/2022).

Dalam waktu setengah jam setelah panggilan telepon berakhir, BBC mewawancarai penasihat dan juru bicara utama Erdogan, Ibrahim Kalin. Kalin adalah bagian dari kelompok kecil pejabat yang mendengarkan panggilan tersebut.Tuntutan Rusia terbagi dalam dua kategori.

Empat tuntutan pertama, menurut Kalin, tidak terlalu sulit untuk dipenuhi Ukraina.Yang terpenting di antara mereka adalah penerimaan oleh Ukraina bahwa ia harus netral dan tidak boleh mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengakui hal ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Berdamai

Ada tuntutan lain dalam kategori ini yang sebagian besar tampaknya menjadi elemen penyelamat bagi pihak Rusia.Ukraina harus menjalani proses perlucutan senjata untuk memastikan itu bukan ancaman bagi Rusia. Harus ada perlindungan untuk bahasa Rusia di Ukraina. 

Dan ada sesuatu yang disebut de-Nazifikasi.Ini sangat menyinggung Zelensky, yang dirinya Yahudi dan beberapa kerabatnya meninggal dalam Holocaust, tetapi pihak Turki percaya akan cukup mudah bagi Zelensky untuk menerimanya. 

Mungkin cukup bagi Ukraina untuk mengutuk semua bentuk neo-Nazisme dan berjanji untuk menindaknya.

Kategori kedua adalah hal yang mungkin agak sulit, dan dalam panggilan teleponnya, Putin mengatakan bahwa perlu negosiasi tatap muka antara dia dan Presiden Zelensky sebelum kesepakatan dapat dicapai pada poin-poin ini.

Zelensky telah mengatakan dia siap untuk bertemu dengan presiden Rusia dan bernegosiasi dengan dia secara empat mata.

Kalin kurang spesifik tentang masalah ini, hanya mengatakan bahwa mereka melibatkan status Donbas, di Ukraina timur, bagian yang telah memisahkan diri dari Ukraina dan menekankan Rusia mereka, dan status Krimea.Meskipun Kalin tidak merinci, asumsinya adalah bahwa Rusia akan menuntut agar pemerintah Ukraina menyerahkan wilayah di Ukraina timur. Itu akan sangat kontroversial. 

Asumsi lainnya adalah bahwa Rusia akan menuntut agar Ukraina secara resmi menerima bahwa Krimea, yang dicaplok Rusia secara ilegal pada tahun 2014, memang sekarang menjadi milik Rusia. 

Jika ini masalahnya, itu akan menjadi pil pahit yang harus ditelan Ukraina.

Namun demikian, itu adalah fait accompli, meskipun Rusia tidak memiliki hak hukum untuk memiliki Krimea dan benar-benar menandatangani perjanjian internasional, setelah jatuhnya Komunisme tetapi sebelum Vladimir Putin berkuasa, menerima bahwa Krimea adalah bagian dari Ukraina.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.