Sukses

Sering Kelaparan Usai Berenang? Ini Penyebabnya

Jika Anda memiliki efek seperti ini usai berenang tidak perlu khawatir. Sebab, ini bukan terjadi pada Anda saja.

Liputan6.com, Jakarta - Berenang di tengah suhu yang hangat adalah pengalaman musim panas yang sangat klasik. Sensasinya sama klasiknya dengan apa yang terjadi ketika keluar dari air.

Bahkan sebelum dapat mulai mengeringkan diri, Anda akan menyadari telah menjadi orang yang paling lapar.

Lapar biasa? Tidak, kamu akan sangat rakus. Rasanya seluruh tubuhmu terbuat dari perut, dan semuanya kosong.

Jika Anda memiliki efek seperti ini usai berenang tidak perlu khawatir. Sebab, ini bukan terjadi pada Anda saja.

Lalu, mengapa Anda lebih cenderung lebih lapar setelah berenang?

Berenang, seperti aktivitas fisik lainnya dapat membakar kalori yang pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh meningkatkan produksi ghrelin, hormon penyebab kelaparan, untuk mendorong Anda memakan kembali apa yang telah Anda bakar, seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Kamis (17/3/2022).

Satu studi pada 1999 menunjukkan bahwa olahraga membuat kita cenderung menginginkan makanan asin dan munculnya keinginan untuk memakan makanan ringan seperti keripik setelah berenang.

Berenang bukan hanya olahraga untuk paru-paru, jantung, dan otot Anda; itu juga membuat tubuh Anda melakukan pekerjaan ekstra menjaga suhu yang nyaman saat Anda terbenam dalam air yang biasanya lebih dingin.

Ini adalah prinsip yang mirip dengan prinsip yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori hanya dengan berada di luar di musim dingin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Metabolisme Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda akan mengaktifkan simpanan lemak ketika suhu turun, sehingga meningkatkan laju metabolisme Anda agar tetap hangat.

Latihan yang panas dan berkeringat dapat menyebabkan efek penekan nafsu makan. Sementara, tubuh yang direndam dalam air tidak perlu meningkatkan aliran darah ke kulit (dan jauh dari sistem pencernaan) untuk mengatur panas.

Berbagai penelitian, termasuk satu dari University of Florida, telah menunjukkan korelasi antara berenang di air dingin dan keluar kelaparan. Singkatnya, semakin dingin Anda rasakan ketika keluar dari kolam, semakin besar kemungkinan Anda akan langsung makan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.