Sukses

Wali Kota Ukraina yang Diculik Rusia Berhasil Bebas

Wali kota Melitopol yang diculik Rusia berhasil bebas.

Liputan6.com, Kyiv - Pemerintah Ukraina berhasil membebaskan Wali Kota Melitopol yang diculik oleh Rusia pekan lalu. Wali kota itu bernama Ivan Fedorov yang merupakan politisi milenial di Ukraina, usianya baru 33 tahun. 

Menurut laporan Axios, Kamis (17/3/2022), Ivan Fedorov bebas setelah pemerintah Ukraina melakukan operasi khusus. Ia juga telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Mantan Duta Besar Ukraina, Olexander Scherba, turut menyampaikan apresiasi kepada para pendukung di dunia maya yang protes kasus penculikan politik ini.

Media pemerintah Ukraina, Ukrinform, melaporkan bahwa terjadi pertukaran antara sembilan sandera perang Rusia dengan Ivan Fedorov.

Sembilan tentara yang tertangkap itu adalah prajurit-prajurit muda Rusia yang diperintahkan ikut perang. Mereka disebut prajurit kelahiran awal tahun 2000-an.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Penculikan

Ivan Fedorov itu diculik pada 11 Maret 2022 lalu setelah 10 prajurit penjajah Rusia menerobos masuk ke kantornya. 

Saat itu, kepala Ivan Fedorov dibekap, kemudian dibawa kabur ke lokasi yang tak diketahui. Ia diduga dibawa ke daerah separatis. 

Presiden Ukraina berkata kasus penculikan itu sebagai jenis teror baru dalam perang antara Rusia-Ukraina. 

Masih ada satu lagi wali kota Ukraina yang diculik, yakni Yevhen Matveyev dari kota Dniprorudne. Statusnya masih belum diketahui.

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.