Sukses

Rusia Sita Ratusan Pesawat Jet Komersial Milik Leasing Asing dari AS dan Eropa

Rusia menyita ratusan jet komersial yang dimiliki oleh perusahaan leasing AS dan Eropa, tanda lebih lanjut dari tantangan yang dihadapi industri penerbangan negara itu karena sanksi akibat invasi ke Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Rusia menyita ratusan jet komersial yang dimiliki oleh perusahaan leasing AS dan Eropa. Ini merupakan tanda lebih lanjut dari tantangan yang dihadapi industri penerbangan negara itu, karena sanksi akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutip CNN, Kamis (17/3/2022), menurut pernyataan dari Kremlin, Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang pada Senin 14 Maret. Sebagai bagian dari tindakan anti-sanksi pemerintah yang akan memungkinkan maskapai penerbangan Rusia untuk mendaftarkan pesawat yang disewa dari perusahaan asing di Rusia, di mana mereka akan diberikan sertifikat kelaikan udara lokal.

Undang-undang itu akan memungkinkan maskapai Rusia untuk mempertahankan pesawat sewaan asing mereka dan mengoperasikan pesawat di rute domestik, sementara mempersulit perusahaan asing untuk mendapatkan kembali jet mereka tanpa persetujuan pemerintah Rusia.

Sanksi AS dan Eropa yang dikenakan pada Rusia mengharuskan perusahaan leasing untuk mengambil alih semua pesawat yang mereka sewakan ke maskapai Rusia pada akhir bulan.

Pembuat pesawat Barat seperti Airbus (EADSF) dan Boeing (BA) telah memutus akses maskapai Rusia ke suku cadang yang mereka butuhkan untuk merawat dan menerbangkan jet mereka dengan aman.

Menurut data yang diberikan oleh perusahaan analisis penerbangan Cirium, maskapai Rusia mengoperasikan 305 jet Airbus dan 332 jet Boeing.

Rusia juga memiliki 83 jet regional buatan pabrikan Barat seperti Bombardier, Embraer dan ATR. Hanya 144 pesawat dalam armada aktif maskapai Rusia yang dibangun di Rusia.

Data Cirium menunjukkan bahwa 85% dari pesawat buatan asing tersebut dimiliki oleh perusahaan leasing, dan nilai gabungannya mencapai $12,4 miliar. Tidak jelas bagaimana perusahaan leasing bisa mengambil alih pesawat-pesawat ini, sementara mereka tetap berada di tanah Rusia.

Sanksi tambahan yang melarang pesawat Rusia terbang ke sebagian besar negara lain telah membatasi industri penerbangannya pada dasarnya untuk penerbangan domestik.

Perusahaan leasing sejauh ini belum menanggapi permintaan untuk mengomentari tindakan Rusia, dan tidak jelas apakah mereka akan menginginkan pesawat itu kembali. Pesawat tidak akan memiliki akses ke suku cadang dan tidak akan memiliki sertifikat kelaikan udara yang valid yang akan diterima oleh maskapai barat.

"Jet-jet ini tidak akan didukung dengan suku cadang dan perawatan lagi," kata Richard Aboulafia, direktur pelaksana AeroDynamic Advisory. "Ini masalah nyata jika mereka kehilangan sertifikat kelaikan udara mereka, yang dapat terjadi jika catatan yang tepat tidak disimpan, atau terutama jika mereka dikanibal untuk suku cadang."

Kehilangan akses ke 85% dari pesawat buatan asing akan menjadi pukulan yang melumpuhkan bagi perekonomian negara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diperlukan Industri Penerbangan yang Layak

Rusia adalah negara terbesar di dunia berdasarkan daratan, lebih dari dua kali ukuran benua Amerika Serikat.

Diperlukan industri penerbangan yang layak untuk menjaga ekonominya tetap berjalan, kata Charles Lichfield, wakil direktur GeoEconomics Center di Atlantic Council, sebuah wadah pemikir internasional.

"Ini adalah bagian penting dari ekonomi Rusia," katanya. "Mereka ingin industri domestik dasar tetap ada."

Orang Rusia tidak terbang sebanyak orang Amerika. Mereka tidak terbang ke Siberia untuk liburan.

"Industri penerbangannya merupakan penghubung penting bagi bisnis, tidak hanya untuk penerbangan internasional tetapi juga untuk layanan domestik untuk sektor energinya, karena kebutuhan untuk mengangkut insinyur, pekerja dan peralatan lain ke dan dari ladang minyaknya yang jauh."

"Penerbangan adalah pendorong pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, baik di dalam negeri maupun internasional," kata Robert Mann, seorang konsultan dan analis maskapai penerbangan. "Tanpa itu, Anda membawanya kembali ke ekonomi yang hampir agraris, mencoba beroperasi dengan jaringan kereta api."

Rusia tidak membutuhkan semua pesawat yang direbutnya, karena pukulan terhadap ekonominya dari sanksi akan sangat mengurangi kebutuhan perjalanan udara, kata Betsy Snyder, analis kredit yang mencakup perusahaan penyewaan pesawat di Standard & Poor's."Ekonomi Rusia sedang lesu," katanya.

"Tidak ada yang akan masuk dan keluar dari Rusia, warga Rusia kehilangan uang mereka sehingga mereka tidak punya uang untuk bepergian ke depan. Bisa jadi [maskapai penerbangan] akan menjadi bisnis yang jauh lebih kecil."

Hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa banyak dari pesawat yang disita akan dikanibal untuk diambil bagiannya.

"Jika Anda tidak memiliki otoritas manufaktur suku cadang, maka Anda seharusnya tidak membuatnya sendiri," kata Mann. "Anda tidak tahu standar apa yang digunakan. Apakah Anda mendapatkan karakteristik internal dengan benar? Ketika Anda memasukkannya ke bagian turbin mesin, apakah akan bekerja seperti yang dirancang?" Mann mengatakan bahwa ketika suatu suku cadang mencapai akhir kegunaannya yang dirancang, yang dikenal sebagai "waktu hijau", sebuah maskapai penerbangan harus memilih antara terbang dengan suku cadang yang seharusnya diganti untuk alasan keamanan atau merampok suku cadang dari pesawat lain.

"Proses itu bisa dilalui selama ada pesawat yang memiliki green time," ujarnya. "Saat Anda kehabisan pesawat, jaringan Anda semakin kecil dan Anda dapat terbang lebih sedikit setiap hari, sampai Anda tidak memiliki maskapai penerbangan.

"Jadi bahkan menjaga pesawat tidak serta merta membuat industri penerbangan Rusia tetap beroperasi. "Dalam satu tahun Rusia akan berhenti memiliki industri penerbangan yang layak," kata Aboulafia, menambahkan bahwa industri penerbangannya akan segera menemukan dirinya di antara industri yang dikenai sanksi berat di Iran dan Korea Utara.

Bisakah negara sebesar Rusia hidup tanpa industri penerbangan yang modern dan layak? "Itu tesis yang belum pernah diuji," kata Aboulafia. "Tapi itu akan terjadi."

3 dari 3 halaman

Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.