Sukses

Gempa Magnitudo 7,3 Jepang Picu Kereta Shinkansen Tergelincir

Laporan NHK yang dikutip Kamis (17/3/2022) menyebut bahwa kereta peluru, Yamabiko 223 menuju Sendai dari Tokyo, keluar dari rel antara stasiun Fukushima dan Shiroishizao.

Liputan6.com, Tokyo - Kereta peluru Shinkansen Tohoku yang beroperasi di Prefektur Miyagi tergelincir akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 --sebelumnya 7,3-- melanda lepas pantai timur laut Jepang pada Rabu 16 Maret 2022 malam waktu setempat.

Laporan NHK yang dikutip Kamis (17/3/2022) menyebut bahwa kereta peluru, Yamabiko 223 menuju Sendai dari Tokyo, keluar dari rel antara stasiun Fukushima dan Shiroishizao.

East Japan Railway mengatakan rem darurat diterapkan saat gempa terdeteksi ketika kereta shinkansen berjalan, tetapi 16 dari 17 gerbong tergelincir.

Perusahaan kereta cepat Jepang tersebut mengatakan tidak ada dari 75 penumpang dan tiga anggota awak yang terluka. Mereka terjebak di dalam kereta selama sekitar empat jam setelah insiden tergelincir menyebabkan pemadaman listrik. Mereka turun dari kereta dan dievakuasi dari pintu darurat di sepanjang jalur.

JR East mengatakan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memeriksa fasilitas dan memeriksa tingkat kerusakan sebelum dapat melanjutkan layanan Tohoku Shinkansen antara stasiun Nasushiobara dan Morioka.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peringatan Tsunami Dicabut hingga Pemadaman Listrik dan Korban Tewas

Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 -- sebelumnya 7,3 -- mengguncang timur laut Jepang pada Rabu 16 Maret 2022 malam, menewaskan sedikitnya satu orang dan puluhan lainnya cedera dan menyebabkan kereta shinkansen berkecepatan tinggi tergelincir.

Magnitudo gempa Jepang itu awalnya diumumkan sebagai 7,3 tetapi kemudian diperbarui menjadi 7,4.

Seorang penduduk laki-laki di Soma meninggal karena gempa, menurut pemerintah kota.

Sementara korban cedera dilaporkan tidak hanya di Miyagi dan Fukushima tetapi juga Prefektur Kanagawa, Ibaraki, Iwate, Akita dan Yamagata, menurut penghitungan Kyodo News.

Mengutip Kyodo News, Kamis (17/3/2022), gempa yang terjadi pukul 23.36 waktu setempat itu juga mendorong Japan Meteorological Agency (Badan Meteorologi Jepang) untuk mengeluarkan peringatan tsunami 1 meter ke pantai Pasifik di Prefektur Miyagi dan Fukushima. Tetapi peringatan itu dicabut Kamis setelah hanya gelombang tsunami yang relatif kecil yang diamati.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan Kamis pagi bahwa sejauh ini tidak ada kelainan yang ditemukan di pembangkit nuklir di daerah yang terkena dampak setelah gempa bumi besar itu.

Gempa tersebut, yang didahului oleh gempa berkekuatan magnitudo 6,1 dalam dua menit, mencatatkan skala 6 tertinggi pada skala intensitas seismik Jepang 7 di beberapa bagian Miyagi dan Fukushima, kata badan Badan Meteorologi Jepang.

Pada intensitas di atas 6, banyak orang merasa tidak mungkin untuk tetap berdiri atau bergerak tanpa merangkak. Guncangan itu cukup kuat untuk melemparkan orang ke udara, menurut agensi tersebut.

Pemadam kebakaran di Miyagi dan Fukushima menerima banyak panggilan yang meminta tanggapan darurat, dengan laporan banyak yang terluka di kota pesisir Soma di Fukushima.

Gempa tersebut menyebabkan pemadaman listrik di timur laut dan timur Jepang, mempengaruhi total lebih dari 2,2 juta rumah tangga, termasuk sekitar 700.000 di Tokyo, menurut TEPCO Power Grid Inc. dan Tohoku Electric Power Network Co. Listrik kemudian dipulihkan ke sebagian besar dari mereka.

Setelah gempa, gelombang tsunami hingga 30 cm diamati di pelabuhan Ishinomaki di Miyagi, kata badan tersebut, mendesak warga untuk menjauh dari pantai.

Regulator nuklir negara itu mengatakan data menunjukkan tidak ada kelainan dengan reaktor dan fasilitas di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di Fukushima, meskipun alarm kebakaran berbunyi di gedung turbin reaktor No.

Pembangkit di tepi pantai mengalami beberapa kali kerusakan pada Maret 2011 setelah dilanda tsunami akibat gempa, tetapi reaktor No. 5 tidak mengalami kerusakan.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.