Sukses

RI Segera Pindah Ibu Kota, AS Terbuka Jalin Kerja Sama Investasi Hijau di Indonesia

Penasihat Senior untuk Utusan Khusus Presiden AS Urusan Iklim, Robert Blake menyebut bahwa Amerika Serikat menyebut Indonesia telah melakukan banyak hal dalam kerja sama soal lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat menyatakan ketebukaannya untuk melakukan investasi hijau di Indonesia. Mengingat, Indonesia memiliki program untuk memindahkan ibu kota ke Nusantara.

Penasihat Senior untuk Utusan Khusus Presiden AS Urusan Iklim, Robert Blake menyebut bahwa Amerika Serikat menyebut Indonesia telah melakukan banyak hal dalam kerja sama soal lingkungan.

"Kami mendengar bahwa Indonesia ingin melakukan banyak kerja sama dengan Amerika Serikat untuk lebih mempromosikan industri hijau," kata Robert Blake dalam roundtable bersama media di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

"Kami menyambutnya secara terbuka dan kita punya banyak cara yang dapat mewujudkan berbagai kerja sama (di bidang ini)," kata Blake.

Robert Blake menyatakan bahwa salah satu kerja sama terpenting adalah Development Finance Cooperation.

Selama berada di Indonesia, Blake bertemu dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, salah satunya untuk membahas mengenai hal tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Sejumlah Isu Lain

Dalam pertemuan itu, telah dibahas soal perpanjangan kontrak di beberapa isu.

"Termasuk dukungan pengembangan sektor solar dan juga geothermal, dan juga kami sudah memiliki proyek saluran pipa di berbagai area," kata Blake.

"Dan kami melihat berbagai potensi kerja sama ke depannya," tuturnya.

Selain Blake, Konselor Iklim untuk Kementerian Perbendaharaan AS, John Morton juga melakukan pertemuan dengan beberapa menteri, termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. Kerja sama iklim menjadi elemen kunci dalam pembahasan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.