Sukses

19 Maret 2003: Gong Perang Irak Pertama Kali Dibunyikan

Perang Irak dimulai sejak tahun 2003.

Liputan6.com, Baghdad - Pada tanggal 19 Maret 2003, Amerika Serikat bersama dengan pasukan koalisi terutama dari Inggris, memulai perang terhadap Irak.

Tepat setelah ledakan mulai mengguncang Baghdad, ibu kota Irak, Presiden AS George W. Bush mengumumkan dalam pidato yang disiarkan televisi, “Pada jam ini, pasukan Amerika dan koalisi berada dalam tahap awal operasi militer untuk melucuti senjata Irak, untuk membebaskan rakyatnya dan untuk mempertahankan dunia dari bahaya besar." Demikian seperti dikutip dari laman History, Rabu (16/3/2022).

Presiden Bush dan para penasihatnya membangun banyak kasus perang mereka atas klaim palsu bahwa Irak, di bawah diktator Saddam Hussein, memiliki atau sedang dalam proses membuat senjata pemusnah massal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perang AS-Irak

Perselisihan dimulai sekitar 90 menit setelah tenggat waktu yang diberlakukan AS bagi Saddam Hussein untuk meninggalkan Irak atau menghadapi perang berlalu. 

Target pertama, yang menurut Bush "penting secara militer," dihantam dengan rudal jelajah Tomahawk dari pembom tempur AS dan kapal perang yang ditempatkan di Teluk Persia. 

Menanggapi serangan itu, radio Republik Irak di Baghdad mengumumkan, “orang-orang jahat, musuh-musuh Tuhan, tanah air dan umat manusia, telah melakukan agresi kebodohan terhadap tanah air dan rakyat kami.”

Meskipun Saddam Hussein telah menyatakan pada awal Maret 2003 bahwa, “tidak diragukan lagi bahwa umat beriman akan menang melawan agresi,” dia bersembunyi segera setelah invasi Amerika, dan berbicara kepada rakyatnya hanya melalui kaset audio sesekali. 

Pasukan koalisi mampu menggulingkan rezimnya dan merebut kota-kota besar Irak hanya dalam waktu tiga minggu, dengan sedikit korban. 

Presiden Bush mengumumkan akhir dari operasi tempur besar pada tanggal 1 Mei 2003. Meskipun kekalahan pasukan militer konvensional di Irak, pemberontakan telah melanjutkan perang gerilya yang intens di negara itu pada tahun-tahun sejak kemenangan militer diumumkan, menghasilkan ribuan koalisi militer, pemberontak dan kematian warga sipil.

3 dari 3 halaman

Infografis Pemicu dan Strategi Turunkan Angka Kematian Akibat Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini