Sukses

Korut Dilaporkan Tembak Rudal Lagi, Tapi Prosesnya Gagal

Korea Utara (Korut) telah menembakkan "proyektil tidak dikenal" yang tampaknya gagal segera setelah diluncurkan, kata militer Korea Selatan.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara  (Korut) telah menembakkan "proyektil tidak dikenal" yang tampaknya gagal segera setelah diluncurkan, kata militer Korea Selatan.

Menurut laporan BBC, Rabu (16/3/2022), rudal diduga ditembakkan dari lapangan terbang di luar ibu kota Pyongyang.

Lapangan terbang tersebut telah menjadi tempat beberapa peluncuran, termasuk uji coba sebelumnya yang dituduh AS sebagai rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missiles/ICBM).

Peluncuran terbaru ini terjadi ketika Korea Utara dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan pengujian senjatanya.

"Korea Utara menembakkan proyektil yang tidak diketahui dari daerah Sunan sekitar pukul 09:30 hari ini, tetapi diduga gagal segera setelah peluncuran," kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Korut sejauh ini telah melakukan sembilan tes senjata tahun ini, termasuk apa yang diklaim AS sebagai tes bagian dari ICBM baru, dengan mengatakan bahwa itu kemungkinan peluncuran eksperimental sebelum kemungkinan peluncuran ICBM jarak penuh.

Dengan jangkauan minimum 5.500 km (3.417 mil), ICBM dapat mencapai AS. Mereka dirancang untuk pengiriman senjata nuklir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikecam PBB

PBB melarang Korea Utara melakukan uji coba senjata balistik dan nuklir, dan telah menjatuhkan sanksi tegas.

Sementara itu, Korea Utara telah memberlakukan moratorium pengujian rudal balistik jarak jauh dan uji coba nuklir setelah pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump. Namun pada tahun 2020, Kim mengumumkan bahwa dia tidak lagi terikat dengan janji ini.

Namun Pyongyang, menyatakan bahwa peluncuran pada 26 Februari dan 4 Maret difokuskan pada pengembangan satelit pengintai.

Setiap peluncuran membantu para ilmuwan mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Tapi ini adalah tahun yang besar bagi Kim Jong-un. Ini adalah tahun ke 10 dia bertugas, dia akan menginginkan kesuksesan bukan kegagalan.

Juga seperti yang ditunjukkan oleh seorang ahli - pada titik mana peluncuran ini gagal?

Rudal itu diluncurkan di bandara utama negara itu, Sunan. Ledakan besar apa pun di dekat tanah dapat merusak bandara.

Dan ledakan apa pun yang lebih jauh dapat berisiko puing-puing jatuh di daerah berpenduduk. Kita akan tahu lebih banyak setelah analisis lebih lanjut oleh kementerian pertahanan AS dan Korea Selatan.

Di sisi lain, tidak mungkin kegagalan ini akan menghalangi Korea Utara. Kim Jong-un memiliki daftar senjata yang diinginkan - dia akan terus maju.

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.