Sukses

Penembak Misterius Targetkan Tunawisma AS Ditangkap di SPBU Washington

Pria penembak misterius yang menargetkan tunawisma di New York, ditangkap di SPBU, didakwa dengan pembunuhan.

Liputan6.com, Washington - Seorang pria yang dicari dalam serangkaian penembakan yang menargetkan tunawisma di New York dan Washington ditangkap Selasa 15 Maret 2022 pagi (waktu setempat), kata pihak berwenang, setelah mendapat petunjuk dari masyarakat dan kerja sama polisi.

New York Times melaporkan pihak berwenang memusatkan perhatian padanya di kuadran tenggara kota, di mana mereka menemukannya berjalan di dekat sebuah pompa bensin (SPBU) sekitar lima mil dari Gedung Putih pada Selasa pagi.

Setidaknya lima orang ditembak oleh pria yang awalnya disebut sebagai penembak misterius, dua di antaranya fatal. Penembakan terjadi sejak 3 Maret dalam serangkaian serangan acak.

Komunitas tunawisma gelisah ketika mengetahui tersangka melakukan perjalanan antara dua kota, menembaki mereka yang tinggal di trotoar dengan kantong tidur dan membakar satu orang di dalam sebuah tenda.

Mengutip USA Today, Rabu (16/3/2022), Departemen Kepolisian Metropolitan di Washington mengumumkan penangkapan Gerald Brevard yang berusia 30 tahun dalam konferensi pers. Dia ditangkap sekitar pukul 02:30 setelah agen federal Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak melihatnya saat menjelajahi daerah tenggara kota.

Polisi DC mengatakan Brevard memiliki sejarah penangkapan yang mencakup menyerang seorang petugas di Washington. Catatan pengadilan menunjukkan Brevard ditangkap pada Juli 2018 atas tuduhan penyerangan dan kemudian mengaku bersalah atas percobaan penyerangan dengan senjata mematikan. Dia ditemukan tidak kompeten secara mental untuk diadili pada Juni 2019.

Catatan menunjukkan Brevard dikirim ke Rumah Sakit St. Elizabeths, sebuah fasilitas psikiatri di D.C. Sebulan kemudian, dia dianggap kompeten untuk diadili. Segera setelah itu, catatan menunjukkan, dia mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara. Namun, hukuman itu ditangguhkan.

Pada tahun 2018, Brevard juga terdaftar untuk mendapatkan bantuan di kota untuk layanan kesehatan perilaku, menurut Barbara Bazron, direktur Kesehatan Perilaku di D.C.

Serangan Acak

Departemen Kepolisian Metropolitan mengatakan tidak ada motif yang ditetapkan, dan Chief Robert Contee mengatakan serangan itu tampaknya acak.

"Kami berharap penangkapan Brevard memberikan rasa aman bagi Anda, tetapi juga melegakan populasi tunawisma kami yang rentan di sini di Distrik Columbia," kata Contee. "Kasus ini adalah contoh dari apa yang terjadi ketika ada kerja polisi yang baik, ilmu pengetahuan dan dukungan masyarakat."

Contee mencatat bahwa Senin, sehari sebelum penangkapan, polisi tidak mengetahui siapa tersangkanya. Dalam beberapa jam setelah merilis gambar dari kamera pengawas, info dari komunitas membantu mengidentifikasi dia.

Polisi melacak posting media sosialnya dan melihat dia berada di Washington, memimpin pihak berwenang untuk menyelidiki kota.

Brevard mencoba melarikan diri ketika didekati oleh agen ATF tetapi dengan cepat ditahan, kata Contee.

Brevard menghadapi pembunuhan tingkat pertama, penyerangan dengan maksud untuk membunuh dan penyerangan dengan senjata berbahaya, kata Contee, dengan kemungkinan dakwaan tambahan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Penembakan Misterius

Penyelidik di kedua kota mulai mencurigai adanya hubungan antara penembakan pada hari Minggu setelah seorang kapten pembunuhan Departemen Kepolisian Metropolitan, seorang mantan penduduk Kota New York, melihat foto-foto pengawasan yang telah dirilis pada Sabtu malam oleh Departemen Kepolisian New York saat menelusuri media sosial, kata Chief Robert Contee.

Pria di foto-foto itu tampak mirip dengan orang yang dicari oleh departemen kapten pembunuhan MPD itu sendiri. Contee memuji masyarakat dan koordinasi antar departemen untuk penangkapan yang tepat waktu, bersama dengan bukti balistik yang diperiksa oleh ATF yang mengonfirmasi bahwa senjata yang sama digunakan dalam semua penembakan.

Kronologi Serangkaian Penembakan

Penembakan paling awal yang diketahui terjadi 3 Maret sekitar pukul 04.00 pagi di Washington, kata polisi, ketika seorang pria terluka di bagian timur laut kota itu. Orang kedua terluka pada 8 Maret, tepat sebelum pukul 01.30 pagi.

Pada pukul 03.00 pagi keesokan harinya, polisi dan petugas pemadam kebakaran menemukan satu orang tewas di dalam tenda yang terbakar. Dia awalnya diperkirakan menderita luka bakar yang fatal, tetapi otopsi mengungkapkan dia meninggal karena beberapa tusukan dan luka tembak.

Penembakan itu kemudian bergeser ke New York City, kata polisi.

Video pengawasan menunjukkan seorang pria yang diyakini penyelidik adalah Brevard di Penn Station di Manhattan sekitar pukul 03.30. Satu jam kemudian, seorang pria berusia 38 tahun yang tidur di jalan di Manhattan, tidak jauh dari pintu masuk Holland Tunnel, ditembak di lengan kanannya saat dia tidur. Korban berteriak, dan pria bersenjata itu melarikan diri, kata polisi.

Sekitar 90 menit kemudian, pria bersenjata itu menembak mati seorang pria lain di SoHo, kata polisi.

Jasad pria itu ditemukan di kantong tidurnya tepat sebelum jam 05.00 sore hari Sabtu 12 Maret. Dia telah ditembak di kepala dan leher, kata Julie Bolcer, juru bicara kantor pemeriksa medis Kota New York. Korban telah berbaring di jalan selama berjam-jam sebelum pihak berwenang dipanggil.

Polisi yakin Brevard kembali ke Washington, D.C. setelah serangan di New York.

Meskipun Brevard belum didakwa dalam kasus New York, polisi merasa "sangat yakin" mereka telah mengidentifikasi tersangka yang benar, kata Kepala Polisi Metropolitan Robert Contee.

Namun, dia mengakui, pihak berwenang belum menemukan senjata api yang digunakan dalam penembakan tersebut. "Ini adalah bagian penting tetapi kami membuat kasus setiap hari di mana kami tidak memiliki senjata api," tambah Contee.

Semua penembakan melibatkan peluru kaliber .22, dan foto serta video pengawasan, bersama dengan pernyataan saksi, semuanya merujuk ke tersangka tunggal – seorang pria yang mengenakan sepatu kets khas, celana hitam dan masker wajah yang sama, kata Kepala Detektif NYPD James Essig kepada wartawan pada konferensi pers.

Charlie Patterson, agen khusus Divisi Lapangan ATF Washington yang bertanggung jawab, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jaringan informasi balistik badan tersebut "sangat penting dalam penyelidikan ini, memungkinkan kami untuk dengan cepat mencocokkan bukti balistik yang menghubungkan kelima penembakan dengan senjata api yang sama."

Para advokat untuk tunawisma mengatakan pembunuhan itu adalah pengingat suram dari kerentanan dan stigmatisasi yang dihadapi populasi tunawisma setiap hari.

Di New York City, hampir 50.000 orang tunawisma berada di tempat penampungan pada Desember 2022, menurut Koalisi untuk Tunawisma New York. Tahun lalu, ada sekitar 5.000 orang yang mengalami tunawisma di Washington, menurut Kemitraan Komunitas nirlaba.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.