Sukses

8 Stadion Super Megah di World Cup Qatar 2022 yang Disiarkan Emtek Group

Qatar menyiapkan stadion megah untuk para pecinta sepak bola dunia dalam ajang World Cup atau Piala Dunia Qatar 2022 yang disiarkan Emtek Group.

Liputan6.com, Doha - Qatar telah menyiapkan berbagai stadion-stadion baru untuk menggelar piala dunia sepakbola yang akan disiarkan Emtek Group sebagai Official Broadcaster FIFA World Cup 2022 di Indonesia. Desain stadion-stadion tersebut tidak hanya megah, melainkan artistik.

Ada stadion yang dipengaruhi unsur kultural, Islami, hingga ada yang desainnya futuristik. 

Pertandingan World Cup Qatar 2022 dapat disaksikan melalui media yang tergabung dalam Emtek Group, yakni stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming di Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen juga bisa dibaca melalui Liputan6.com

Salah satu stadion yang menarik di Qatar adalah Al Bayt Stadium yang desainnya sangat mirip tenda Al Bayt Al-Sha'ar. Ada pula yang seperti perahu. 

Berikut daftar stadion yang dipamerkan di situs Piala Dunia Qatar 2022:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Stadion 974

Stadion ini terinspirasi oleh sektor dagang dan kelautan di Qatar. Angka 974 merupakan angka dial internasional untuk Qatar.

Lokasinya berada di dekat West Bay skyline. Stadium 974 ini memiliki 40 ribu bangku dan mengikuti prinsip sustainability dengan mengandalkan udara laut yang sejuk agar meringankan beban sistem pendingin stadium.

3 dari 10 halaman

2. Lusail Stadium

Stadion megah di Kota Lusail ini memiliki kapasitas 80 ribu penonton. Stadion elegan ini akan ditonton oleh miliaran orang, sebab ini adalah lokasi final Piala Dunia 2022.

Desain stadion ini turut dipengaruhi oleh peradaban Arab dan Islam di kawasan Jazirah Arab. Setelah Piala Dunia selesai, Lusail Stadium akan menjadi ruang masyarakat untuk berbagai aktivitas.

4 dari 10 halaman

3. Education City Stadium

Nama stadion ini terbilang unik, namun ternyata stadion ini memang dikelilingi universitas-universitas unggulan di Qatar. Qatar Foundation for Education, Science and Community Development.

Stadion ini punya kapasitas 40 ribu orang. Namun, selama pertandingan kapasitasnya dikurangi jadi 20 ribu saja. Sisa 20 ribu bangku akan disumbangkan untuk mendirikan stadion di negara-negara berkembang.

5 dari 10 halaman

4. Ahmad Bin Ali Stadium

Ahmad bin Ali Stadium terletak di kota Al Rayyan yang merupakan markas dari tim Al Rayyan Sports Club yang tersohor. Desain stadion ini sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Qatar, termasuk fasilitas di sekitar stadion.

Sama seperti Education City Stadium, setengah bangku di Ahmad bin Ali Stadium akan disumbangkan ke negara-negara berkembang.

Nama stadion ini berasal dari Ahmad bin Ali Al Thani, penguasa Qatar pada 1960-1972.

6 dari 10 halaman

5. Khalifa International Stadium

Stadion di Al Rayyan ini dibangun pada 1976 lalu. Kini, stadionnya telah mengalami transformasi ultramodern untuk menyambut World Cup Qatar 2022.

Sebelumnya, Khalifa International Stadium telah menjadi tuan rumah berbagai olahraga, termasuk Asian Games, serta sepak bola di region Arab.

7 dari 10 halaman

6. Al Janoub Stadium

Satu lagi stadion dengan desain elegan nan artistik di Qatar. Al Janoub Stadium memiliki bentuk seperti kapal ini punya kapasitas 40 ribu orang.

Lokasi Al Jonoub berada di Al Wakrah yang merupakan pusat pencarian permata dan ikan. Kapal dhow yang sering digunakan para nelayan lantas menjadi inspirasi desain Al Janoub Stadium.

8 dari 10 halaman

7. Al Thumama Stadium

Berlokasi tak jauh dari Doha, stadion dengan desain putih yang indah ini akan menjadi lokasi babak penyisihan hingga quarter final di World Cup 2022.

Ini juga merupakan salah satu stadion yang desainnya dipengaruhi kultur dan tradisi Arab. Bentuk lingkarannya adalah simbol dari gahfiya (semacam kofiah) yang memiliki simbol martabat dan kemandirian.

9 dari 10 halaman

8. Al Bayt Stadium

Stadion satu ini terbilang unik karea mirip tenda. Sebenarnya, desain stadion ini memang terinspirasi dari tenda khas Qatar: Bait Al Shaar. 

Tenda itu sering digunakan oleh para orang-orang nomaden di padang pasir Qatar. Stadion ini akan digunakan sebagai venue pertandingan pembuka di World Cup 2022 di Qatar.

10 dari 10 halaman

Infografis Juara Piala Dunia 2018

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.