Sukses

Dialog Keempat Rusia-Ukraina Via Video Call, Bakal Damai?

Delegasi Ukraina dan Rusia telah mengadakan tiga putaran pembicaraan damai secara langsung di Belarus sejak 28 Februari 2022.

Liputan6.com, Moskow - Delegasi Rusia dan Ukraina akan melanjutkan pembicaraan hari ini, Senin (14/3) melalui video call, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

"Negosiasi berjalan tanpa henti dalam format konferensi video call. Kelompok kerja terus berfungsi," kata Mykhailo Podoliak , penasihat Kepala Kantor Presiden Ukraina, demikian dikutip dari laman Xinhua, Senin (14/3/2022).

"Sejumlah besar masalah membutuhkan perhatian terus-menerus. Pada Senin, 14 Maret, sesi negosiasi akan diadakan untuk menyimpulkan hasil awal."

Delegasi Ukraina dan Rusia telah mengadakan tiga putaran pembicaraan damai secara langsung di Belarus sejak 28 Februari 2022, meskipun negosiasi berakhir tanpa terobosan yang signifikan. Upaya negosiasi ini terhitung akan menjadi yang keempat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dialog Ketiga Kesepakatan Damai, Hasil Masih Nihil

Negosiator Rusia dan Ukraina gagal mencapai hasil yang signifikan selama dialog ketiga yang membahas soal pembicaraan damai mereka di Belarus pada Senin (7/3).

"Diskusi berlanjut pada aspek politik dan militer. Namun, tetap sulit. Terlalu dini untuk membicarakan sesuatu yang positif," kata asisten presiden Rusia Vladimir Medinsky, juga kepala delegasi Moskow setelah pembicaraan, demikian dikutip dari laman Xinhua.

Negosiator Rusia membawa sejumlah besar dokumen, termasuk perjanjian khusus, tetapi pihak Ukraina tidak dapat menandatanganinya di tempat dan membawa semua dokumen ini kembali ke rumah untuk dipelajari, katanya kepada wartawan.

"Sejujurnya, harapan kami dari pembicaraan itu tidak terpenuhi. Tapi kami berharap lain kali akan dapat mengambil langkah maju yang lebih signifikan," kata Medinsky setelah pertemuan, yang berlangsung hampir tiga jam di Belovezhskaya Pushcha di Perbatasan Belarusia-Polandia.

3 dari 3 halaman

Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.