Sukses

4 Maret 1960: Teleskop Radio Inggris Catat Rekor untuk Kontak dengan Satelit Antariksa

Teleskop radio Inggris di Jodrell Bank di Cheshire telah menetapkan rekor ruang angkasa baru yang melakukan kontak dengan satelit American Pioneer V pada jarak 407.000 mil pada 14 Maret 1960.

Liputan6.com, London - Teleskop radio Inggris di Jodrell Bank di Cheshire telah menetapkan rekor ruang angkasa baru yang melakukan kontak dengan satelit American Pioneer V pada jarak 407.000 mil pada 14 Maret 1960.

Rekor sebelumnya, sekitar 290.000 mil, ditetapkan oleh satelit Soviet Lunik III, yang memotret bagian belakang Bulan tahun lalu.

Jodrell pertama kali melakukan kontak dengan Pioneer V setelah pergi ke orbit mengelilingi Matahari, antara jalur Bumi dan Venus, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (14/3/2022).

Satelit Amerika diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida tiga hari lalu pada 11 Maret.

Tak lama setelah peluncuran, teleskop Jodrell Bank digunakan untuk pertama kalinya untuk memberikan perintah kepada roket di luar angkasa.

Dengan menekan tombol di Jodrell Bank, muatan 90lb (43kg) dipisahkan dari tahap ketiga roket peluncuran.

Teleskop kemudian berhasil mematikan pemancar satelit, yang akan membantu menghemat daya baterainya untuk nanti dalam misi.

Diharapkan pada akhirnya Jodrell Bank akan dapat mengambil sinyal dari satelit hingga 50 juta mil dari Bumi.

Ini hanya akan dimungkinkan oleh baterai bertenaga surya yang sangat besar di atas kapal yang menjalankan pemancar.

"Dayung" matahari yang diproyeksikan dari satelit akan mengisi ulang baterai menggunakan radiasi matahari, tetapi arus masih perlu dilestarikan jika akan berlangsung hingga Juli, seperti yang direncanakan pada saat itu.

Pemancar akan dinyalakan tidak lebih dari 45 menit sehari pada awalnya. Nantinya waktu transmisi akan dikurangi menjadi lima menit sehari.

Dalam seminggu, satelit akan lebih dari satu juta mil dari Bumi dan pemancar 150 watt yang lebih kuat harus dinyalakan oleh perintah dari Jodrell Bank.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Pada April 1960, pusat komando di Hawaii mulai mengalami masalah menghubungi Pioneer V dan Jodrell Bank mulai memainkan peran yang lebih besar dalam mengendalikan satelit.

Ketika teleskop dibangun pada tahun 1957, itu adalah teleskop radio terbesar di dunia yang sepenuhnya dapat dikemudikan, sebuah judul yang dipegangnya selama lebih dari 10 tahun. Ini masih di beberapa teleskop radio teratas di dunia.

Awalnya disebut Mark 1, itu ditingkatkan menjadi Mark 1a pada tahun 1970. Itu rededicated Lovell Radio Telescope pada tahun 1987 untuk menandai 30 tahun operasi.

Teleskop Lovell Radio sekarang memiliki permukaan baja galvanis baru yang dibangun dengan biaya £ 2,5 juta. Ini 30 kali lebih sensitif daripada ketika dibangun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini