Sukses

Rusia Masih Serang Ukraina, Apa yang Akan Terjadi Jika Bom Nuklir Meledak?

Hal-hal yang akan terjadi jika terjadi bom nuklir.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia ke Ukraina telah meningkatkan risiko konflik nuklir. Tentu banyak yang penasaran seperti apa bila bom nuklir meledak dan apa yang akan terjadi setelahnya? 

Jawabannya tentu saja tergantung pada berapa banyak senjata yang dijatuhkan. Rusia dan Amerika Serikat memiliki 90% senjata nuklir dunia, menurut Federasi Ilmuwan Amerika.

Dilansir dari laman Live Science, Jumat (11/3/2022), Rusia memiliki 1.588 senjata yang dikerahkan pada rudal antarbenua, yang memiliki jangkauan setidaknya 3.417 mil (5.500 kilometer) dan pangkalan pembom berat, yang menampung pesawat yang mampu membawa dan menjatuhkan muatan nuklir, dan AS memiliki 1.644 senjata yang disiapkan dengan cara yang sama.

Perang nuklir skala penuh dapat dengan mudah mewakili peristiwa kepunahan bagi umat manusia — bukan hanya karena kematian awal tetapi juga karena global pendinginan, yang disebut musim dingin nuklir, yang akan mengikuti. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Bom Nuklir

Skenario yang lebih mungkin terjadi, menurut beberapa pakar kebijakan luar negeri, melibatkan konflik nuklir skala terbatas menggunakan apa yang disebut senjata atom taktis.

Menurut Pusat Studi Nonproliferasi James Martin , 30% hingga 40% persenjataan AS dan Rusia terdiri dari bom yang lebih kecil ini, yang memiliki jangkauan kurang dari 310 mil (500 kilometer) di darat dan kurang dari 372 mil (600 kilometer) melalui laut atau udara.

Senjata-senjata ini masih akan memiliki dampak yang menghancurkan di dekat zona ledakan, tetapi tidak akan menciptakan kiamat nuklir global terburuk.

3 dari 4 halaman

Ledakan Bom Nuklir

Ada berbagai jenis dan ukuran senjata nuklir, tetapi bom modern dimulai dengan memicu reaksi fisi. 

Fisi adalah pemecahan inti atom berat menjadi atom yang lebih ringan — sebuah proses yang melepaskan neutron. Neutron ini, pada gilirannya, dapat meluncur ke inti atom terdekat, membelahnya dan memicu reaksi berantai di luar kendali. 

Ledakan fisi yang dihasilkan sangat menghancurkan. Bom fisi kadang-kadang dikenal sebagai bom atom, yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, dengan kekuatan antara 15 kiloton dan 20 kiloton TNT.

Namun, banyak senjata modern memiliki potensi untuk menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Bom termonuklir, atau hidrogen, menggunakan kekuatan reaksi fisi awal untuk menggabungkan atom hidrogen di dalam senjata. 

Reaksi fusi ini memicu lebih banyak lagi neutron, yang menciptakan lebih banyak fisi, yang menciptakan lebih banyak fusi, dan seterusnya. 

Hasilnya, menurut Union of Concerned Scientists, adalah bola api dengan suhu yang menyamai panasnya pusat matahari. Bom termonuklir telah diuji, tetapi tidak pernah digunakan dalam pertempuran. 

Tak perlu dikatakan, berada di titik nol ledakan seperti itu berarti kematian instan. Misalnya, senjata nuklir 10 kiloton, setara dengan ukuran bom Hiroshima dan Nagasaki, akan segera membunuh sekitar 50% orang dalam radius 2 mil (3,2 km) dari detonasi darat, menurut laporan tahun 2007 dari lokakarya Proyek Pertahanan Pencegahan.

Kematian tersebut akan disebabkan oleh kebakaran, paparan radiasi yang intens dan cedera fatal lainnya. Beberapa dari orang-orang ini akan terluka oleh tekanan dari ledakan, sementara sebagian besar akan terkena cedera dari bangunan yang runtuh atau pecahan peluru yang beterbangan; kebanyakan bangunan dalam radius 0,5 mil (0,8 km) dari ledakan akan dirobohkan atau rusak berat. 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Negara dengan Senjata Nuklir Terbesar:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.