Sukses

Kemlu RI Tegaskan Tak Ada WNI yang Disandera di Ukraina

Judha Nugraha juga mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi WNI di Ukraina aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI menekankan bahwa tidak ada WNI di Ukraina yang disandera, sebagaimana informasi yang telah beredar belakangan.

"Ada pemberitaan WNI kita di Ukraina disandera, jadi kami tegaskan mereka tidak disandera," ujar Judha Nugraha dalam press briefing secara online, Kamis (10/3/2022).

"Mereka belum bisa dievakuasi karena belum aman. Masih jadi zona pertempuran sehingga lebih aman tinggal di tempat masing-masing," jelasnya.

Judha Nugraha juga mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi WNI di Ukraina aman.

"Ketika sudah ada jalur evakuasi yang aman bagi mereka, kita akan segera lakukan penjemputan," kata Judha Nugraha.

"Tim sudah siapkan sarana evakuasi, jika sudah ada jaminan safe passage dari kedua belah pihak, kita akan segera evakuasi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data WNI di Ukraina

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI menyebut sudah ada 80 WNI dan 3 WNA yang dievakuasi dari Ukraina menggunakan pesawat khusus.

"Proses evakuasi sudah kita lakukan pasca-tanggal 3 Maret 2022. Sebagaimana diketahui 3 Maret lalu sudah dipulangkan 80 WNI dan 3 WNA menggunakan pesawat khusus evakuasi dan telah tiba di Jakarta," ujar Judha Nugraha Direktur PWNI RI, Kamis (10/3/2022) dalam press briefing.

"Di Kharkiv ada 6 WNI masing-masing pada 3 maret sebanyak 5 orang sudah bisa kita evakuasi dari Kharkiv ke Lviv dan kemudian kita bawa ke Polandia."

Judha Nugraha juga menyebutkan pada tanggal 7 Maret, ada 1 lagi WNI yang kita bisa evakuasi menuju ke Lviv, kemudian dibawa ke Warsawa.

"6 orang ini sudah kita pulangkan ke Indonesia. Ada dua lagi WNI di Kharkiv, Alhamdulillah sudah kita evakuasi dari daerah Khrkiv yang saat ini jadi zona pertempuran, ke zona yg lebih aman di Lviv."

"Jadi di Lviv adalah wilayah barat Ukraina yang relatif lebih aman, yang saat ini sedang menunggu untuk kita bisa seberangkan ke perbatasan Polandia."

3 dari 4 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

4 dari 4 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.