Sukses

Korea Utara Akan Luncurkan Satelit Pengintai Aktivitas Militer

Kim menganggap pengembangan satelit pengintai sebagai pekerjaan untuk perlindungan kedaulatan dan kepentingan nasional Korea Utara.

Liputan6.com, Pyongyang - Kim Jong-un, pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) menyatakan negaranya akan meluncurkan beberapa satelit pengintai militer ke ruang angkasa. Informasi ini disampaikan lewat kantor berita resmi Korea Central News Agency.

Kim Jong-un membuat pernyataan selama inspeksi baru-baru ini dari Administrasi Pengembangan Dirgantara Nasional (NADA), seperti dikutip dari laman Xinhua, Kamis (10/3/2022).

Ia menyatakan kepuasan besar atas hasil tes utama oleh NADA, yang melakukan dua uji coba pengembangan satelit pengintaian pada 27 Februari dan 5 Maret 2022.

Kim menganggap pengembangan satelit pengintai sebagai pekerjaan untuk perlindungan kedaulatan dan kepentingan nasional.

Selain itu ia juga menganggap ini sebagai bentuk pelaksanaan hak yang sah untuk membela diri, Kim mengatakan proyek mendesak ini untuk menyempurnakan kapasitas kesiapsiagaan perang negara dengan meningkatkan pencegah perang.

"Adalah tugas revolusioner, tugas prioritas politik dan militer yang dianggap paling penting oleh Partai dan pemerintah kita," kata pemimpin Korea Utara tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Pengintaian Militer

Tujuan mengembangkan dan mengoperasikan satelit pengintaian militer adalah untuk memberikan informasi waktu nyata kepada angkatan bersenjata DPRK tentang tindakan militer, jelas Kim.

"Komite Pusat Partai mendukung penuh keputusan Badan Pengembangan Dirgantara Nasional tentang penempatan banyak satelit pengintai militer ke orbit dalam periode rencana lima tahun (2021-2025) untuk memiliki kekuatan serta kemampuan untuk mengumpulkan intelijen melalui satelit," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Rudal Terbaru Korea Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.