Sukses

2 Tahun Berlalu, WHO Sebut Pandemi COVID-19 Masih Jauh dari Selesai

WHO belum dapat memastikan kapan pandemi COVID-19 akan selesai.

Liputan6.com, Jenewa - Pandemi masih jauh dari selesai, pemimpin WHO bersikeras Rabu (9 Maret), dua tahun setelah ia pertama kali menggunakan istilah itu untuk membangunkan dunia terhadap ancaman yang muncul dari COVID-19.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (10/3/2022), Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus pertama kali menggambarkan COVID-19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020.

Dua tahun kemudian, dia menyesali bagaimana virus masih berkembang dan melonjak di beberapa bagian dunia.

WHO menyatakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional - tingkat alarm tertinggi dalam peraturan badan kesehatan PBB - pada 30 Januari 2020, ketika, di luar China, kurang dari 100 kasus dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

Tetapi hanya penggunaan kata pandemi enam minggu yang tampaknya mengguncang banyak negara untuk bertindak.

"Dua tahun kemudian, lebih dari 6 juta orang telah meninggal," kata Tedros pada konferensi pers, sementara hampir 444 juta kasus telah terdaftar.

"Meskipun kasus dan kematian yang dilaporkan menurun secara global, dan beberapa negara telah mencabut pembatasan, pandemi masih jauh dari selesai - dan tidak akan berakhir di mana pun sampai semuanya berakhir."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pandemi COVID-19

Dia mencatat kenaikan 46 persen dalam kasus baru minggu lalu di wilayah Pasifik Barat WHO, di mana 3,9 juta infeksi tercatat.

"Virus ini terus berkembang, dan kami terus menghadapi hambatan besar dalam mendistribusikan vaksin, tes, dan perawatan di mana pun mereka membutuhkannya," kata Tedros.

Dia juga membunyikan peringatan tentang penurunan tingkat pengujian baru-baru ini, dengan mengatakan itu membuat planet ini buta terhadap apa yang sedang dilakukan COVID-19.

"WHO khawatir beberapa negara secara drastis mengurangi pengujian," kata Tedros.

"Ini menghambat kemampuan kita untuk melihat di mana virus itu berada, bagaimana penyebarannya dan bagaimana perkembangannya."

Dalam pembaruan mingguannya tentang penyebaran virus, WHO mengatakan sebelumnya bahwa varian Omicron memiliki "dominasi global" atas mutasi virus lainnya.

WHO mengatakan Omicron menyumbang 99,7 persen dari sampel yang dikumpulkan dalam 30 hari terakhir yang telah diurutkan dan diunggah ke inisiatif sains global GISAID.

WHO mengatakan akses yang tidak setara ke vaksin, tes, dan perawatan COVID-19 tetap merajalela dan memperpanjang pandemi.

Terkait tingkat vaksinasi, angka terbaru WHO menunjukkan 23 negara belum sepenuhnya mengimunisasi 10 persen dari populasi mereka, sementara 73 negara belum mencapai target cakupan 40 persen yang ditetapkan untuk awal 2022.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.