Sukses

44 Juta Warga Menuju TPS Pemilu Korsel, Siapa Pengganti Petahana Moon Jae-in?

Sekitar 44 juta warga Korea Selatan menuju ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih presiden negara berikutnya pada Rabu 9 Maret 2022.

Liputan6.com, Seoul - Sekitar 44 juta warga Korea Selatan menuju ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih presiden negara berikutnya pada Rabu 9 Maret 2022, mengakhiri perlombaan yang telah ditandai dengan serangkaian kejutan, skandal dan kampanye kotor.

Mengutip CNN, Rabu (9/3/2022), pemenang pemilu Korsel akan menghadapi tantangan yang semakin berat termasuk ketimpangan yang semakin dalam dan lonjakan harga perumahan yang telah membebani ekonomi terbesar keempat di Asia itu.

Para pemilih Korea Selatan juga mencari seorang pemimpin yang dapat membasmi korupsi, menyembuhkan bangsa yang terpecah dan politik yang terpolarisasi, dan memulai negosiasi untuk mengekang ancaman nuklir Korea Utara yang terus berkembang.

Sebanyak 14 kandidat untuk presiden Korsel awalnya terdaftar, tetapi telah terbentuk sebagai perlombaan dua arah yang ketat antara Lee Jae-myung, pembawa standar Partai Demokrat yang berkuasa, dan Yoon Suk-yeol, dari oposisi utama konservatif People Power Party. Mereka berlomba-lomba untuk menggantikan Presiden petahana Moon Jae-in, yang secara konstitusional dilarang mencalonkan diri kembali.

Masa tunggal pemenang lima tahun akan dimulai pada 10 Mei. Jajak pendapat menunjukkan sedikit keunggulan untuk Yoon, yang mendapatkan kejutan, dorongan menit terakhir minggu lalu ketika Ahn Cheol-soo dari Partai Rakyat, sesama konservatif berjalan jauh sepertiga, keluar dan memberikan dukungannya di belakang Yoon.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Kuat

Sebuah survei oleh Embrain Public memperkirakan merger dapat memberikan Yoon 47,4% dan 41,5% untuk Lee, sementara jajak pendapat Ipsos memberi tip margin dengan Ahn pada 48,9% sedikit lebih besar dan 41,9% untuk Yoon.

Seorang mantan jaksa agung, Yoon telah bersumpah untuk memerangi korupsi, menegakkan keadilan dan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih setara, sambil mencari upaya yang lebih keras terhadap Korea Utara dan "mengatur ulang" hubungan dengan China.

Sementara Lee adalah gubernur Provinsi Gyeonggi yang paling padat penduduknya di negara itu. Ia menjadi terkenal karena tanggapannya yang agresif terhadap Virus Corona COVID-19 dan advokasi untuk pendapatan dasar universal.

Peringkat ketidaksetujuan kedua kandidat terkait dengan popularitas mereka karena skandal, fitnah, dan kesalahan mendominasi apa yang dijuluki "pemilihan yang tidak disukai".

Skandal

Yoon sebelumnya telah meminta maaf atas penggunaan resume yang tidak akurat oleh istrinya untuk mengajar bertahun-tahun yang lalu. Dia membantah tuduhan Demokrat bahwa ibu mertuanya membuat keuntungan besar dari spekulasi tanah dan mengambil puluhan miliar won pinjaman dari bank yang diselidiki oleh kantor kejaksaan tempat Yoon bekerja.

Yoon juga menepis tuduhan dari kampanye Lee bahwa istri Yoon telah berkolusi dengan mantan ketua dealer BMW di Korea Selatan dalam mencurangi harga saham perusahaan.

Sedangkan Lee, telah meminta maaf atas perjudian ilegal putranya. Dia menghadapi penyelidikan kriminal potensial atas tuduhan secara ilegal mempekerjakan seorang pegawai provinsi sebagai asisten pribadi istrinya, dan bahwa dia menyalahgunakan dana pemerintah melalui kartu kredit perusahaannya.

Lee dan istrinya telah meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran publik dan mengatakan mereka akan bekerja sama dengan penyelidikan apa pun.

Perlombaan menghadapi sejumlah gangguan, dengan pemimpin Demokrat yang mengarahkan kampanye Lee dirawat di rumah sakit pada hari Senin akibat serangan langka selama rapat umum. Dan di tengah gelombang COVID-19 terburuk Korea Selatan dengan lebih dari 1 juta orang dirawat di rumah, otoritas pemilihan buru-buru memperketat prosedur pemungutan suara untuk pasien pada hari Senin di tengah kegemparan atas ketidakberesan pemungutan suara awal selama akhir pekan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.