Sukses

Bukan Pertanda Cengeng, Justru Ini 5 Manfaat dari Menangis

Peneliti menyebut jika menangis itu adalah hal yang baik. Bahkan, kalian akan mendapatkan sejumlah manfaat dari menangis.

Liputan6.com, Jakarta - Menangis sering dikaitkan dengan perasaan sedih, marah, senang, atau tertawa geli. Dan menangis ternyata baik untuk kesehatan, bukan hanya sekadar melepaskan emosi.

Padahal, selama ini menangis itu kerap disangkutpautkan dengan hal yang buruk. Bahkan, ketika sedang sedih seorang kerabat akan menegur kita.

"Jangan menangis... itu tandanya kamu lemah".

Meski demikian, peneliti menyebut jika menangis itu adalah hal yang baik. Bahkan, kalian akan mendapatkan sejumlah manfaat dari menangis.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Selasa (8/3/2022), berikut 4 manfaat menangis yang harus Anda ketahui:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meredakan Stres

Kita semua tentu pernah berada dalam satu titik yang bernama stres. Hal ini tentu akan membuat kita pusing dan bingung harus bagaimana.

Ketika kita sedang stres, tubuh kita dipenuhi dengan bahan hormon yang mempengaruhi suasana hati kita. Ketika menangis, kita melepaskan hormon tersebut melalui air mata dan diyakini membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi jangan ragu-ragu untuk mengeluarkan air mata sebab itu akan membuatmu jauh lebih baik.

 

3 dari 6 halaman

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menangis juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah dan denyut nadi mereka yang sedang dilanda amarah dan stres.

Stres mempercepat detak jantung Anda, melebarkan pupil Anda dan bersiap untuk tantangan, menyempitkan arteri Anda yang mengarah ke tekanan darah tinggi.

Namun, menangis mengurangi stres dan juga menurunkan tekanan darah Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengurangi Rasa Cemas

Beberapa wanita bahkan mengakui bahwa mereka cenderung bersembunyi di kamar mandi di tempat kerja mereka ketika mereka merasa cemas.

Lalu, mereka menangis dan merasakan ada lepas dari dirinya, yaitu rasa cemas yang sejak awal sudah menumpuk dan jadi beban.

 

5 dari 6 halaman

4. Memperbaiki Suasana Hati

Selain membantu Anda mengurangi rasa sakit fisik dan emosional, menangis juga dapat membantu Anda memperbaiki suasana hati -- jauh lebih baik.

Ketika kita menangis, kita mengambil nafas cepat, yang bisa sangat membantu.

Selain itu, menghirup udara egar dapat menurunkan suhu otak, yang menuntun kita untuk melihat hal-hal yang lebih baik bukan buruk.

6 dari 6 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.