Sukses

Ukraina Sengaja Tenggelamkan Kapal Perang Unggulan Saat Invasi Rusia? Begini Faktanya

Apakah Ukraina menenggelamkan kapal perang kebanggaannya, Hetman Sahaidachny, saat invasi Rusia? Inilah fakta yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Fregat kelas Krivak III berbobot 3.500 ton, kebanggaan Angkatan Laut Ukraina, yang sedang menjalani perbaikan, dikabarkan sengaja ditenggelamkan.

Serangan Rusia terhadap Ukraina sebagian besar terbatas di darat atau udara, dengan Moskow menggunakan rudal dan roket. Namun, twit baru-baru ini telah membawa fokus ke laut: kapal Hetman Sahaidachny.

Menurut laporan, seperti dikutip dari First Post, Sabtu (5/3/2022), gambar kapal perang itu muncul di media sosial setengah terendam di sisinya muncul pada 3 Maret.

The Drive, sebuah publikasi independen, melaporkan bahwa kapal itu sengaja ditenggelamkan oleh Ukraina agar tidak jatuh ke tangan musuh.

Klaim ini sekarang telah diverifikasi oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov. Sebuah laporan oleh Interfax mengatakan menteri mengatakan bahwa kapal, yang sedang diperbaiki, sengaja ditenggelamkan oleh komandan kapal untuk menghindari jatuh ke tangan penjajah.

“Komandan kapal induk Angkatan Laut Ukraina mengikuti perintah untuk membanjiri kapal agar fregat Hetman Sahaidachny, yang sedang diperbaiki, tidak jatuh ke tangan musuh. Sulit membayangkan keputusan yang lebih sulit untuk sebuah kapal. Prajurit dan kru pemberani," tulis Reznikov di Facebook, Jumat.

Sementara fregat kelas Krivak III / Menzhinskiy tidak menimbulkan ancaman besar bagi Rusia, itu adalah unggulan armada Angkatan Laut Ukraina.

Para ahli mencatat bahwa Ukraina mungkin telah menenggelamkan kapal mereka. Alasannya: Ukraina takut jika itu jatuh ke tangan Rusia, itu akan menjadi kemenangan propaganda besar bagi Moskow dan juga bertindak sebagai dorongan moral bagi pasukan mereka.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Kapal Hetman Sahaidachny

Ditugaskan pada 2 April 1993, fregat kelas Krivak III seberat 3.500 ton awalnya dibangun di Galangan Kapal Kerch di Krimea.

Kapal ini dilengkapi dengan meriam dek 100 mm, meriam yang lebih kecil, peluncur granat anti-kapal selam, tabung torpedo, dan sebuah helikopter.

Menurut laporan The Drive, fregat berusia 30 tahun itu seharusnya menerima perbaikan di kota pelabuhan Mykolaiv ketika kapal itu tenggelam.

Selama dalam pelayanan, fregat itu telah banyak digunakan; pada tahun 2008 ambil bagian dalam 'Operasi Aktif Endeavour' di Laut Mediterania. Operasi NATO dirancang untuk mencegah pergerakan teroris atau senjata pemusnah massal.

Pada tahun 2013, kapal tersebut ambil bagian dalam 'Operation Ocean Shield' NATO, sebuah kampanye anti-pembajakan di lepas Tanduk Afrika.

 

3 dari 4 halaman

Kasus Penenggelaman Kapal

Kasus penenggelaman kapal pernah juga terjadi pada Juni 1919. Saat itu 52 kapal perang Jerman ditenggelamkan dalam satu hari tetapi kerugian angkatan laut yang besar ini tidak ditimbulkan oleh pasukan musuh.

Alih-alih, penggerebekan Armada Laut Tinggi Jerman di Scapa Flow adalah tindakan sabotase yang disengaja yang diperintahkan oleh seorang komandan yang menolak untuk membiarkan kapalnya menjadi rampasan perang.

Itu adalah satu-satunya kehilangan kapal perang terbesar dalam sejarah.

Pada tahun 1941, kapal perang Jerman Bismarck, rusak berat oleh Angkatan Laut Kerajaan, bocor bahan bakar, sebagian besar tidak dapat digerakkan dan tanpa senjata yang efektif tetapi masih mengapung, namun dilaporkan telah ditenggelamkan oleh krunya untuk menghindari penyitaan.

4 dari 4 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.