Sukses

Menlu AS Sebut Ukraina Bisa Menang dalam Perang Melawan Rusia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa dia yakin Ukraina dapat memenangkan perangnya dengan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa dia yakin Ukraina dapat memenangkan perangnya dengan Rusia.

Dia tidak bisa mengatakan berapa lama konflik akan berlangsung, tetapi bersikeras bahwa kekalahan Ukraina tidak bisa dihindari.

Blinken memuji "ketahanan luar biasa" rakyat Ukraina.

"Jika itu adalah niat Moskow untuk mencoba menggulingkan pemerintah dan memasang rezim bonekanya sendiri, 45 juta orang Ukraina akan menolaknya dengan satu atau lain cara," katanya kepada BBC, dikutip pada Sabtu (5/3/2022).

Perang belum berjalan seperti yang mungkin direncanakan Presiden Rusia Vladimir Putin, tambahnya.

Perlawanan keras oleh pasukan Ukraina terus menghambat kemajuan Rusia di seluruh negeri pada hari kesembilan invasi.

Di selatan, pasukan Rusia merebut daerah di sepanjang pantai Laut Hitam, dan kota pelabuhan Mariupol tetap dikepung. Namun gubernur Mykolaiv mengatakan pasukan Rusia telah diusir dari kota.

Kota kedua Kharkiv di Ukraina, di utara, juga tetap dikepung.

Blinken mengatakan masyarakat internasional berkomitmen untuk melakukan segala yang bisa dilakukan untuk membantu Ukraina dan juga untuk memberikan "tekanan luar biasa pada Rusia untuk mengakhiri perang pilihan yang dimulai Vladimir Putin".

Ditanya apakah dia yakin Ukraina bisa menang, dia berkata: "Seiring waktu, tentu saja."

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa lama ini akan berlangsung. Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan. Tetapi gagasan bahwa Rusia dapat tunduk pada kehendaknya 45 juta orang yang dengan bersemangat berjuang untuk masa depan dan kebebasan mereka, yang tidak melibatkan Rusia yang memiliki ibu jari pada Ukraina, yang memberi tahu Anda banyak hal."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menlu AS Khawatir Akan Adanya Eskalasi Perang

Blinken juga mengatakan dia khawatir tentang eskalasi.

"Ini adalah sesuatu yang kami pedulikan dan fokuskan karena satu-satunya hal yang lebih buruk daripada perang yang terkandung di Ukraina adalah yang meningkat lebih jauh dan melampauinya."

Dia memperingatkan bahwa pasukan Rusia menggunakan metode "semakin brutal" terhadap warga sipil di Ukraina, dan bahwa ada penderitaan manusia yang luar biasa sebagai hasilnya.

"Kami melihat Rusia mengejar infrastruktur penting yang menolak air Ukraina, menyangkal listrik mereka, menyangkal panas mereka," katanya. "Metode-metode itu, sayangnya, tragis, bagian dari buku pedoman Rusia di bawah Presiden Putin. Dan saya pikir kita cenderung melihat lebih banyak dari itu."

Ditanya apakah AS akan mencari perubahan dalam kepemimpinan Moskow untuk mengakhiri invasi, dia menjawab: "Kami tidak mencari itu, dan dalam hal apa pun itu tidak terserah kami. Rakyat Rusia perlu memutuskan kepemimpinan mereka."

"Apa yang akan saya katakan kepada rakyat Rusia adalah: Bagaimana di dunia ini adalah perang agresi... memajukan kepentingan Anda, kebutuhan Anda?" tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.