Sukses

4 Efek Buruk Pada Tubuh Jika Terlalu Sering Pakai Kaus Kaki Saat Tidur

Beberapa orang tidak dapat tertidur jika mereka tidak mengenakan kaus kaki dan yang lain tidak tahan berkeringat di malam hari jika tidur pakai alas tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenakan kaus kaki ke tempat tidur, tentu bukan jadi kebiasaan setiap orang, itu semua tergantung pada preferensi pribadi kita.

Beberapa orang tidak dapat tertidur jika mereka tidak mengenakan kaus kaki dan yang lain tidak tahan berkeringat di malam hari jika tidur pakai alas tersebut.

Jika Anda tak terbiasa menggunakan kaus kaki semalaman, mungkin ini bisa jadi pertimbangan.

Pasalnya, ada sejumlah hal buruk yang justru bisa dirasakan tubuh apabila Anda tidur menggunakan kaus kaki.

Dikutip dari Brightside, Jumat (4/2/2022) berikut 4 efek jika menggunakan kaus kaki saat tidur:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mempengaruhi Aliran Darah

Tidak diragukan lagi, mengenakan kaus kaki saat tidur terasa hangat dan nyaman, bahkan dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk sementara waktu.

Tetapi jika Anda memakai kaus kaki untuk waktu yang lama, itu sebenarnya mulai bekerja sebaliknya, mengurangi aliran darah Anda.

Jika Anda memiliki kebiasaan memakai kaus kaki semalaman, dalam jangka panjang dapat menyebabkan aliran darah Anda melambat.

 

3 dari 5 halaman

2. Risiko Infeksi Kulit yang Lebih Tinggi

Bahan sintetis, seperti poliester, rayon, atau nilon, tidak ramah kulit dan membuat kaki Anda tidak bisa bernapas. Keringat malam cukup umum, dan jika Anda tidur di bawah selimut tebal, lingkungan yang lembab dan hangat menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri yang dapat mempengaruhi kaki.

Jika beberapa bahan kimia keras, seperti pewarna dan resin, digunakan untuk merawat kaus kaki, kemungkinan besar Anda akan mengalami iritasi dan ruam, yang juga dikenal sebagai dermatitis pakaian.

 

4 dari 5 halaman

3. Menyakitkan Kulit

Jika Anda pernah melihat tanda gatal kemerahan yang ditinggalkan kaus kaki di kaki Anda, maka karet gelang yang menahan kaus kaki di tempatnya mungkin terlalu kencang. Saat Anda membiarkan kaus kaki semalaman, mungkin terbangun dengan bekas yang menyakitkan dan teriritasi pada kulit yang perlu beberapa waktu untuk hilang.

Sama seperti pakaian ketat lainnya, kaus kaki dengan karet gelang ketat dapat membatasi aliran darah, menyebabkan pembengkakan.

 

5 dari 5 halaman

4. Mempengaruhi Suhu Tubuh

Saat Anda beristirahat di malam hari, tubuh terus bekerja, dan sebenarnya ada banyak hal yang terjadi saat tidur.

Suhu tubuh berubah beberapa kali di malam hari, dan kita tidur lebih nyenyak saat kita lebih dingin.

Jika Anda mengenakan kaus kaki yang tidak terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, suhu tubuh Anda mungkin naik, sehingga mengganggu tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.