Sukses

2 Ritel Raksasa Hong Kong Batasi Pembelian Kebutuhan Pokok Agar Tak Ada Panic Buying

Jaringan supermarket ParknShop mengumumkan batasan pembelian per pelanggan untuk kebutuhan pokok.

Liputan6.com, Hong Kong - Dua rantai ritel konsumen terbesar Hong Kong mulai menjatah beberapa makanan dan obat-obatan untuk konsumen pada Jumat (4/3).

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (4/3/2022) hal ini dilakukan untuk mengekang panic buying yang telah melanda kota itu selama seminggu terakhir di tengah kekhawatiran penguncian di seluruh kota ketika kasus COVID-19 melonjak.

Jaringan supermarket ParknShop mengumumkan batasan lima item per pelanggan untuk kebutuhan pokok seperti nasi, makanan kaleng dan kertas toilet.

Sementara apotek Watsons memberikan batasan yang sama pada obat untuk nyeri, demam dan pilek, tulis media Hong Kong.

Pada Rabu (2/3), ParknShop mengumumkan jam buka yang lebih pendek, dengan beberapa dari 200 cabangnya tutup pada pukul 3 sore waktu setempat.

Baik ParknShop dan Watsons adalah unit dari konglomerat yang terdaftar di Hong Kong, CK Hutchison.

Pejabat Hong Kong telah berulang kali mendesak orang-orang agar tidak melakukan terpengaruh panic buying minggu ini, dengan mengatakan persediaan sangat cukup.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 di Hong Kong

Pihak berwenang melaporkan rekor harian baru 56.827 infeksi baru dan 144 kematian pada Kamis (3/3), naik eksponensial dari sekitar 100 pada awal Februari 2022.

Lonjakan kasus dan ketakutan akan penguncian telah memicu kepergian massal orang-orang dari kota, di mana pihak berwenang berpegang teguh pada kebijakan "nol kasus" untuk berupaya memberantas semua wabah.

Banyak restoran dan toko tutup, sementara distrik keuangan Central sangat sepi dan hanya sedikit orang yang keluar di lingkungan yang biasanya ramai.

Menyoroti meningkatnya frustrasi publik, pengusaha terkemuka dan penasihat pemerintah Allan Zeman mengatakan pada bahwa reputasi internasional Hong Kong telah "sangat rusak" dan warga dibuat pusing oleh pesan-pesan yang membingungkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Corona Bikin Italia Lockdown

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.