Sukses

4 Maret 1918: Kasus Pertama Pandemi Flu Spanyol Pembunuh Sekitar 50 Juta Orang

Laporan Albert Gitchell, mengutip History.com, menandai apa yang diyakini sebagai kasus pertama dalam pandemi influenza bersejarah tahun 1918, yang kemudian dikenal sebagai flu Spanyol.

Liputan6.com, Fort Riley - Tepat sebelum sarapan pagi tanggal 4 Maret, Prajurit Albert Gitchell dari Angkatan Darat AS melapor ke rumah sakit di Fort Riley, Kansas. Ia mengeluh gejala seperti sakit tenggorokan, demam dan sakit kepala. Segera setelah itu, lebih dari 100 rekan tentaranya melaporkan gejala yang sama.

Laporan Albert Gitchell, mengutip History.com, menandai apa yang diyakini sebagai kasus pertama dalam pandemi influenza bersejarah tahun 1918, yang kemudian dikenal sebagai flu Spanyol.

Flu itu pada akhirnya akan membunuh 675.000 orang Amerika dan diperkirakan 20 juta hingga 50 juta orang di seluruh dunia, terbukti menjadi kekuatan yang jauh lebih mematikan daripada Perang Dunia Pertama.

Wabah awal penyakit flu itu dilaporkan di Fort Riley pada bulan Maret, diikuti oleh wabah serupa di kamp-kamp tentara dan penjara di berbagai wilayah negara. Penyakit itu segera menyebar ke Eropa dengan tentara Amerika menuju untuk membantu Sekutu di medan perang Prancis.

(Pada bulan Maret 1918 saja, 84.000 tentara Amerika menuju ke seberang Atlantik; 118.000 lainnya mengikuti mereka bulan berikutnya.) Begitu tiba di benua kedua, flu tidak menunjukkan tanda-tanda mereda: 31.000 kasus dilaporkan pada bulan Juni di Inggris Raya. Penyakit itu akhirnya dijuluki flu Spanyol karena orang salah mengira Spanyol adalah pusat pandemi.

Flu tersebut tidak menunjukkan belas kasihan bagi para pejuang di kedua sisi parit. Selama musim panas, gelombang pertama epidemi menghantam pasukan Jerman di Front Barat, di mana mereka melancarkan serangan terakhir tanpa batas yang akan menentukan hasil perang. Itu memiliki pengaruh yang signifikan pada moral pasukan yang sudah melemah—seperti yang ditulis oleh komandan tentara Jerman Putra Mahkota Rupprecht pada 3 Agustus: perbekalan yang buruk, kerugian besar, dan influenza yang semakin dalam telah sangat menekan semangat orang-orang di Divisi Infanteri III.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Virulensi Flu 1918 Tinggi

Sementara itu, flu menyebar dengan cepat di luar perbatasan Eropa Barat, karena tingkat virulensinya yang sangat tinggi dan transportasi besar-besaran manusia di darat dan di atas kapal karena upaya perang. Pada akhir musim panas, banyak kasus telah dilaporkan di Rusia, Afrika Utara dan India; China, Jepang, Filipina, dan bahkan Selandia Baru pada akhirnya akan menjadi korban juga.

Perang Besar berakhir pada 11 November, tetapi influenza terus mendatangkan malapetaka internasional, berkobar lagi di AS dalam gelombang yang bahkan lebih ganas dengan kembalinya tentara dari perang dan akhirnya menginfeksi sekitar 28 persen populasi negara itu sebelum akhirnya mereda.

Dalam edisi 28 Desember 1918, American Medical Association mengakui akhir dari satu konflik penting dan mendesak penerimaan tantangan baru: memerangi penyakit menular.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.