Sukses

China Sempat Minta Rusia Tunda Invasi Ukraina Hingga Olimpiade Beiijng Selesai

Pemerintah China meminta Rusia untuk menunda melakukan invasi terhadap Ukraina.

Liputan6.com, Beijing - Pejabat senior China mengatakan kepada pejabat senior Rusia pada awal Februari untuk tidak menyerang Ukraina sebelum akhir Olimpiade Musim Dingin di Beijing, New York Times melaporkan, mengutip pejabat administrasi Biden dan pejabat Eropa yang mengutip laporan intelijen Barat.

The Times mengatakan laporan intelijen menunjukkan pejabat senior China memiliki informasi tentang rencana atau niat Rusia untuk menyerang Ukraina sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan operasi pekan lalu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (3/3/2022).

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa China telah mengajukan permintaan tersebut tetapi menolak untuk memberikan rincian. Sumber tersebut menolak untuk diidentifikasi karena sensitivitas masalah ini.

"Klaim yang disebutkan dalam laporan yang relevan adalah spekulasi tanpa dasar, dan dimaksudkan untuk mengalihkan kesalahan dan mencoreng China," kata Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar China di Washington.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Invasi

Departemen Luar Negeri AS, CIA dan Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Setelah berminggu-minggu peringatan dari para pemimpin Barat, Rusia melancarkan invasi tiga cabang ke Ukraina dari utara, timur dan selatan pada 24 Februari, hanya beberapa hari setelah Olimpiade berakhir.

Putin dan pemimpin China Xi Jinping bertemu di awal Olimpiade pada 4 Februari dan mendeklarasikan peningkatan kemitraan "tanpa batas" di mana mereka berjanji untuk berkolaborasi lebih banyak melawan Barat.

The New York Times mengatakan intelijen tentang pertukaran antara pejabat China dan Rusia dikumpulkan oleh dinas intelijen Barat dan dianggap kredibel oleh para pejabat yang meninjaunya.

Para pejabat AS telah mengkonfirmasi laporan Times sebelumnya bahwa Washington menyampaikan intelijen kepada pejabat senior China tentang penumpukan pasukan Rusia di sekitar Ukraina menjelang invasi dengan harapan bahwa Beijing akan membujuk Moskow untuk menghentikan pasukannya.

Surat kabar itu mengatakan para pejabat senior di Amerika Serikat dan di pemerintah sekutu menyebarkan intelijen ketika mereka membahas kapan Putin mungkin menyerang Ukraina tetapi dinas intelijen memiliki interpretasi yang berbeda-beda, menambahkan bahwa tidak jelas seberapa luas informasi itu dibagikan.

Seorang pejabat Times mengatakan akrab dengan intelijen mengatakan materi tidak selalu menunjukkan percakapan tentang invasi terjadi di tingkat Xi dan Putin.

Bonnie Lin, pakar China di lembaga pemikir Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan tidak jelas seberapa banyak yang diketahui Xi tentang niat Putin.

Dia mencatat bahwa China lambat untuk mengevakuasi warga dari Ukraina, yang menunjukkan bahwa itu tidak sepenuhnya siap.

"Mengingat bukti yang kami miliki sejauh ini, saya pikir kami tidak dapat mengesampingkan kemungkinan mana pun dengan pasti - bahwa Xi tidak tahu (yang buruk) dan bahwa Xi mungkin tahu (yang juga buruk)," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.