Sukses

Kasus COVID-19 Hong Kong Kian Parah Picu Rekor Kematian, Kamar Mayat Penuh

Hong Kong melaporkan rekor harian tertinggi 34.466 infeksi baru Virus Corona COVID-19 dan 87 kematian pada hari Senin, kata otoritas kesehatan.

Liputan6.com, Hong Kong - Fasilitas untuk menyimpan mayat di rumah sakit dan kamar mayat umum di Hong Kong berada pada kapasitas maksimum karena rekor jumlah kematian akibat COVID-19, kata Otoritas Rumah Sakit pada Senin 28 Februari 2022, ketika para pejabat berjuang untuk mengendalikan lonjakan kasus.

Pusat keuangan global itu melaporkan rekor harian tertinggi 34.466 infeksi baru Virus Corona COVID-19 dan 87 kematian pada hari Senin, kata otoritas kesehatan seperti dikutip dari CNBC, Rabu (2/3/2022).

Secara terpisah, Sekretaris Pendidikan kota mengatakan sekolah internasional dapat mempertahankan tanggal masuk sekolah mereka, setelah kebingungan yang meluas tentang liburan sekolah musim panas.

Kevin Yeung mengatakan sekolah internasional dapat melanjutkan kelas online hingga Maret dan April, sementara sekolah lokal akan mengambil istirahat awal untuk musim panas dari Maret hingga pertengahan April.

Halaman yang berdekatan dengan sekolah diperkirakan akan digunakan oleh pemerintah pada bulan Maret, saat pihak berwenang menggelar tes wajib terhadap 7,4 juta penduduk kota itu.

Rak-rak bahan makanan kosong terlihat di beberapa supermarket, ketika penduduk mengambil barang-barang penting setelah penyiar publik RTHK mengutip Menteri Kesehatan Sophia Chan yang mengatakan pemerintah tidak mengesampingkan lockdown di seluruh kota selama periode pengujian COVID-19 secara massal.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam kemudian dikutip oleh RTHK mengatakan warga tidak perlu khawatir, karena tidak ada keputusan yang dibuat tentang penguncian dan pemerintah masih menilai situasi. Lam sebelumnya mengatakan dia tidak mempertimbangkan opsi seperti itu.

Otoritas Rumah Sakit mengatakan jumlah pasien yang meninggal akibat COVID-19 atau komplikasi serius yang dipicu oleh cuaca dingin meningkat tajam selama dua minggu terakhir, memberikan tekanan besar pada layanan kamar mayat di rumah sakit umum.

"Ruang penyimpanan di kamar mayat rumah sakit telah mencapai kapasitas penuh," kata pihak berwenang kepada Reuters melalui email.

Puluhan jenazah menunggu di rumah sakit kecelakaan dan ruang gawat darurat untuk diangkut ke kamar mayat, kata Tony Ling, kepala Asosiasi Dokter Umum kota.

“Badan-badan ini sekarang membutuhkan waktu ekstra untuk menunggu pengumpulan karena sumber daya sangat terbatas,” karena kekurangan tenaga kerja dan kapasitas penyimpanan, katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

600 Kematian Sejak Awal Pandemi COVID-19

Ada lebih dari 600 kematian terkait virus corona di Hong Kong sejak dimulainya pandemi pada tahun 2020, lebih sedikit daripada di kota-kota besar lainnya yang serupa.

Namun, jumlahnya meningkat setiap hari dengan sekitar 400 kematian tercatat dalam seminggu terakhir, dengan mayoritas penduduk yang tidak divaksinasi.

Hong Kong memiliki sebagian besar lansia yang tidak divaksinasi meskipun vaksinasi baru-baru ini meningkat. Banyak yang ragu untuk disuntik karena takut efek samping dan berpuas diri karena keberhasilan kota dalam mengendalikan virus pada tahun 2021.

Sekitar 600 pusat perawatan lansia dan disabilitas telah terinfeksi selama sebulan terakhir, kata pihak berwenang.

Pakar medis mengatakan kota berpenduduk 7,4 juta itu dapat melihat kematian kumulatif akibat virus yang berpotensi meningkat menjadi sekitar 3.200 pada pertengahan Mei.

Sekitar 4.000 orang rata-rata meninggal setiap bulan di Hong Kong, menurut angka pemerintah tahun 2020.

Hong Kong telah berpegang teguh pada kebijakan Virus Corona "nol dinamis" yang berupaya untuk mengekang semua wabah, seperti yang terjadi di China daratan. Untuk mencapai hal ini, bekas jajahan Inggris itu telah mengeluarkan tindakan paling kejam sejak awal pandemi, menambah aturan yang sudah termasuk yang terberat di dunia.

Kota ini telah mencatat total lebih dari 190.000 infeksi, dengan sekitar 180.000 di antaranya sejak awal Februari karena Varian Omicron yang sangat menular.

Pemerintah dalam beberapa hari terakhir telah mengomunikasikan kepada publik pada konferensi pers bahwa kematian sebagian besar di antara orang-orang yang tidak divaksinasi. Sebelumnya informasi itu tidak mudah diberikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.