Sukses

Sabuk Hitam Presiden Rusia Vladimir Putin Ditarik Oleh Federasi Taekwondo Dunia

Badan Taekwondo Dunia telah memutuskan untuk menarik sabuk hitam dan kehormatan ke-9 yang dianugerahkan kepada Vladimir Putin pada November 2013.

Liputan6.com, Moskow - Federasi Taekwondo dunia menarik sabuk hitam kehormatan milik Presiden Rusia Vladimir Putin menyusul keputusannya untuk menginvasi Ukraina. Sanksi yang diberikan secara individual ini menambahkan sejumlah sanksi-sanksi internasional di bidang ekonomi dan olahraga yang diberikan kepada Rusia.

Badan Taekwondo Dunia, mengutip moto "Perdamaian Lebih Berharga daripada Kemenangan," mengutuk tindakan militer Rusia di Ukraina. Mereka mengatakan "serangan brutal terhadap nyawa tak berdosa" melanggar nilai-nilai olahraga, yaitu menghormati dan toleransi, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (1/3/2022).

"Dalam hal ini, Badan Taekwondo Dunia telah memutuskan untuk menarik sabuk hitam dan kehormatan ke-9 yang dianugerahkan kepada Tuan Vladimir Putin pada November 2013," kata badan itu dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ia menambahkan bahwa mereka akan bergabung dengan Komite Olimpiade Internasional dalam melarang bendera dan lagu Rusia di acara-acaranya.

Keputusan itu muncul setelah Federasi Judo Internasional mengatakan pada Minggu (27/2) bahwa meraka akan menangguhkan status Putin sebagai presiden kehormatan dan duta besar "mengingat konflik perang yang sedang berlangsung di Ukraina."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Taekwondo Putin

Organisasi olahraga lain, seperti FIFA dan UEFA, telah menangguhkan tim dan klub nasional Rusia dari kompetisi.

Putin telah menunjukkan teknik yang mumpuni saat tampil dalam seragam seni bela diri, menunjukkan citra kekuatan seperti yang ia miliki dalam acara-acara lain yang dipentaskan dengan seksama seperti saat dirinya menunggang kuda dengan bertelanjang dada atau bermain hoki es.

Pasukan Rusia membombardir kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, pada Senin (28/2), menambah sanksi baru dari Amerika Serikat dan sekutunya sebagai bagian dari isolasi dunia internasional terhadap Rusia.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" yang dikatakan tidak dirancang untuk menduduki wilayah tetapi untuk menghancurkan kemampuan militer tetangga selatannya dan menangkap apa yang dianggapnya sebagai nasionalis berbahaya.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.