Sukses

Presiden Volodymyr Zelenskyy Resmi Ajukan Ukraina Gabung dengan Uni Eropa

Presiden Ukraina mengajukan diri untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah secara resmi menandatangani aplikasi untuk keanggotaan Ukraina di Uni Eropa, menurut sebuah posting dari halaman Facebooknya yang terverifikasi.

"[Zelenskyy] baru saja menandatangani dokumen bersejarah - aplikasi Ukraina untuk keanggotaan Uni Eropa," cuit Andrii Sybiha, wakil kepala kantor kepresidenan di Twitter. 

Dilansir dari laman NPR, Selasa (1/3/2022), Perdana menteri dan kepala parlemen Ukraina juga menandatangani pernyataan bersama, tambahnya.

Langkah itu dilakukan beberapa jam setelah Zelenskyy merilis sebuah video yang meminta Uni Eropa untuk menjadi anggota dan menyerukan pasukan Rusia untuk pulang. Dia mendesak UE untuk mengizinkan masuknya Ukraina segera di bawah apa yang dia gambarkan sebagai "prosedur khusus baru," yang tidak dia jelaskan lebih lanjut.

"Tujuan kami adalah untuk bersama semua orang Eropa dan, yang paling penting, menjadi setara," katanya.

"Saya yakin ini adil. Saya yakin kami pantas mendapatkannya. Saya yakin semua ini mungkin."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keanggotaan Uni Eropa

Ukraina saat ini tidak diakui sebagai kandidat resmi untuk keanggotaan UE, meskipun telah menjadi bagian dari perjanjian asosiasi dengan UE di mana kedua pihak sepakat untuk menyelaraskan ekonomi mereka di bidang tertentu dan memperdalam hubungan politik sejak 2017. 

Permohonan Zelenskyy menggemakan pernyataan yang dia buat selama akhir pekan ketika dia mendorong secara terbuka untuk aksesi Ukraina ke dalam UE dan membahas masalah ini dengan para pemimpin Eropa.

Zelenskyy menulis di Twitternya pada hari Sabtu bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel: "Ini adalah momen penting untuk menutup diskusi lama sekali dan untuk selamanya dan memutuskan keanggotaan Ukraina di #EU."

Michel menanggapi dalam tweetnya sendiri: "#Ukraina dan rakyatnya adalah keluarga. Dukungan konkret lebih lanjut sedang dalam perjalanan."

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.