Sukses

Evakuasi Ukraina: WNI di Kiev Berhasil Dibawa ke Rumania

KBRI Kiev menyampaikan bahwa sekitar 60 WNI berhasil dibawa ke Bucharest, Rumania.

Liputan6.com, Bucharest - Sekitar 60 WNI Kiev, Ukraina, berhasil dievakuasi oleh KBRI ke negara lain. Para WNI dibawa ke Bucharest, Rumania, di tengah invasi Rusia.

Berdasarkan informasi Selasa pagi (1/3/2022) waktu Indonesia, tindakan evakuasi berhasil dilakukan oleh KBRI Kiev. Para WNI awalnya dibawa ke Moldova yang berbatasan dengan Ukraina sebelum masuk ke Bucharest. 

"Jadi karena posisi Kiev yang di tengah-tengah Ukraina, untuk WNI yang tinggal di beberapa kota besar Ukraina, lebih dekat dan lebih mudah aksesnya jika dievakuasi via KBRI di negara tetangga," ujar seorang diplomat di KBRI Kiev kepada Liputan6.com.

Evakuasi dilakukan di tengah upaya negosiasi antara pemerintah Rusia dan Ukraina di perbatasan Belarusia untuk gencatan senjata.

Para staf di KBRI Kiev juga dilaporkan berhasil keluar Kiev dengan selamat.

"Alhamdulillah kami berhasil keluar dari Kota Kiev," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Menlu Retno

Turut dijelaskan bahwa masih ada yang menjaga KBRI Kiev. Duta besar RI tidak ikut keluar ke Rumania, namun pihak KBRI Kiev enggan menjelaskan lebih jauh.

"Nanti ada press briefing Bu Menlu dengan laporan yang lebih lengkap dari beberapa Perwakilan RI yang memproses evakuasi WNI Di berbagai Kota Ukraina," jelas diplomat tersebut. 

Sebelumnya, pihak Kemlu RI menyampaikan para WNI akan dievakuasi ke negara-negara tetangga Ukraina, seperti Polandia dan Rumania. 

Negara-negara tetangga Rumania juga dilaporkan telah membuka pintu kepada para pengungsi dari Ukraina.

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.