Sukses

Brasil Dukung Dewan Keamanan PBB Mengecam Invasi Rusia ke Ukraina

Brazil memberikan suara pada Jumat (25/2) untuk rancangan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa yang akan menyesalkan invasi Rusia ke Ukraina.

Liputan6.com, New York - Brasil memberikan suara pada Jumat (25/2) untuk rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan menyesalkan invasi Rusia ke Ukraina, meskipun ada keengganan oleh Presiden Jair Bolsonaro untuk mengutuk Rusia.

Negara Amerika Selatan itu termasuk di antara 11 anggota dewan yang memberikan suara mendukung resolusi tersebut, sementara China, India, dan Uni Emirat Arab abstain dari pemungutan suara pada teks yang dirancang AS.

Rancangan itu diveto oleh Rusia dan sekarang diharapkan akan diambil oleh Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (26/2/2022).

Reuters melaporkan sebelumnya pada Jumat bahwa Brasil akan memilih mendukung resolusi meskipun ada keraguan dari presiden sayap kanannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Brasil Sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin

Bolsonaro, yang baru-baru ini bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow, pada Kamis memarahi Wakil Presiden Hamilton Mourao karena mengutuk invasi Rusia, dengan mengatakan bukan tugas Mourao untuk berbicara tentang krisis di Eropa timur.

Kementerian luar negeri Brasil pada Kamis menyatakan keprihatinan tentang operasi militer Rusia dan mendesak solusi diplomatik, tapi berhenti mengutuk invasi.

Hanya beberapa hari sebelum invasi, berdiri di samping Putin di Kremlin, Bolsonaro mengatakan dia "bersolidaritas dengan Rusia," tanpa menjelaskan lebih lanjut. Dia kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa Putin memiliki niat damai.

Departemen Luar Negeri AS menyesalkan komentar Bolsonaro dan mengatakan mereka merusak upaya diplomatik untuk mencegah bencana serta seruan Brasil sendiri untuk resolusi damai.

Perwakilan diplomatik Ukraina di Brasilia, Anatoliy Tkach, menyerukan lagi pada Jumat untuk melontarkan kutukan keras dari warga Brasil atas "agresi" Rusia terhadap Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.