Sukses

Joe Biden Geram dengan Putin, Amerika Bombardir Rusia dengan Lebih Banyak Sanksi

Presiden AS Joe Biden mengutuk perbuatan Rusia terhadap Ukraina.

Liputan6.com, Kyiv - Presiden AS Joe Biden mengutuk serangan Rusia dan akan meminta pertanggungjawaban Moskow atas serangan yang sedang berlangsung di Ukraina. Ia juga akan menguraikan serangkaian sanksi yang dimaksudkan untuk mencegah serangan semacam itu.

Dilansir dari laman CNN, Kamis (24/2/2022), Joe Biden diperkirakan akan mengungkap langkah-langkah baru yang dapat memutus Rusia dari akses terhadap teknologi canggih, mengumumkan pembatasan baru pada lembaga keuangan besar dan menjatuhkan sanksi pada anggota tambahan di sekitar Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sanksi yang direncanakan merupakan pembalasan AS terbaru terhadap Moskow minggu ini, telah dicadangkan karena Biden berharap untuk mempertahankan pengaruh dalam mencegah Putin dari invasi skala penuh. 

Namun sejauh ini, ancaman hukuman ekonomi Barat, serta strategi Biden untuk mengungkapkan apa yang diketahui AS tentang penumpukan kekuatan Putin untuk mencoba membuat pemimpin Rusia menebak-nebak sendiri, telah terbukti tidak efektif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Rusia ke Ukraina

Setelah berbulan-bulan adanya prediksi dan peringatan, pasukan Rusia memulai serangan mereka di Ukraina pada Kamis pagi waktu setempat.

Hal ini ditandai dengan adanya laporan pasukan melintasi perbatasan ke utara dan selatan, ledakan di beberapa kota termasuk ibukota Kyiv, dan peringatan dari Putin tentang pertumpahan darah di masa depan kecuali Ukraina pasukan meletakkan senjata mereka.

Sanksi Biden sekarang dimaksudkan untuk menghukum tindakan Putin, alih-alih mencegahnya, dengan mengejar ekonomi Rusia, kemampuan militernya, dan mereka yang paling dekat dengan Presiden Rusia. Namun, seberapa besar mereka dapat mengubah pengambilan keputusan Putin ke depan, tetap menjadi pertanyaan terbuka.

Sebelum dia berbicara, Biden berencana untuk berunding dengan para pemimpin dari Kelompok G7 tentang sanksi mana yang mereka rencanakan untuk dijatuhkan, berharap untuk mengoordinasikan tanggapan yang memproyeksikan persatuan di antara sekutu Barat.

Pejabat AS dan Eropa pun berbicara melalui telepon semalam hingga Kamis untuk mengoordinasikan tanggapan mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.