Sukses

Ukraina Dihantam Serangan Siber Masif, Situs Perbankan Down

Situs-situs di Ukraina terkena serangan cyber dalam bentuk

Liputan6.com, Moskow - Serangan siber yang masif menghantam Ukraina sehingga membuat berbagai situs down, terutama di sektor perbankan dan pemerintah. Kementerian digital Ukraina menyebut serangan ini adalah Distributed Denial-of-Service (DDoS).

"Serangan DDoS massal lainnya telah dimulai," ujar Menteri Transformasi Digital Ukraina Mykhaylo Fedorov melalui Telegram, dikutip BBC, Kamis (24/2/2022).

Situs konektivitas internet NetBlocks juga menyebut serangan ini adalah serangan DDoS.

Serangan DDoS membuat sebuah situs lumpuh dengan cara membanjiri sistem dari situs tersebut. Ada sekitar 70 situs di Ukraina yang jadi target.

Selama beberapa tahun terakhir, Ukraina selalu menjadi sasaran serangan siber. Rusia sering dituduh sebagai aktor dibalik serangan tersebut, namun tuduhan itu terus menerus dibantah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulih Lebih Cepat

Seorang peneliti berkata pada BBC bahwa situs-situs di Ukraina pulih lebih cepat di serangan siber terkini.

"Situs-situs militer dan perbankan telah melihat sebuah pemulihan yang lebih cepat setelah serangan siber hari ini, keungkinan karena kesiapan dan tambahan kapasitas untuk mengimplementasi mitigasi-mitigasi," ujarnya.

Meski demikian, peneliti itu berkata serangan ini terbilang parah.

Uni Eropa turut membantu Ukraina. Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, berkata UE siap menggerakan segala sumber daya untuk melawan jenis serangan seperti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.