Perampokan dengan Sandera di Apple Store Amsterdam Berakhir, Pelaku Ditangkap

Oleh Tanti Yulianingsih pada 23 Feb 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 23 Feb 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi Penyanderaan 2
Perbesar
Ilustrasi Penyanderaan

Liputan6.com, Den Haag - Seorang pria dengan senjata api yang menyandera beberapa orang di sebuah Apple store di pusat kota Amsterdam Selasa 23 Februari 2022 malam telah dikalahkan, setelah pengepungan yang berlangsung beberapa jam, kata polisi. Sandera terakhir telah dibebaskan.

Polisi telah mengerahkan beberapa unit khusus untuk "mengendalikan situasi" setelah diberitahu tentang perampokan bersenjata pada pukul 17.40 (1640 GMT) yang dengan cepat berubah menjadi situasi penyanderaan.

Polisi mengatakan pria bersenjata itu "berbaring di jalan Leidseplein dan sebuah robot sedang memeriksanya untuk mencari bahan peledak" di depan toko di Leidseplein di jantung kota Belanda.

Sandera terakhir yang ditahan di toko itu aman, tambah informasi dari polisi seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/2/2022).

"Sejak penyanderaan dimulai ... beberapa orang berhasil meninggalkan toko," kata polisi sebelumnya.

Mereka memantau gambar yang beredar di media sosial Amsterdam yang pada akhirnya akan digunakan dalam penyelidikan, tambah polisi.

Leidseplein populer di kalangan turis dan terkenal dengan bar dan kafenya yang ramai. Daerah itu dengan cepat ditutup dan restoran, bar, dan teater ditutup setelah penyanderaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyelidikan dari Informasi dari Media Sosial

Ilustrasi Penyanderaan 3
Perbesar
Ilustrasi Penyanderaan

Polisi sedang memantau gambar yang beredar di media sosial yang pada akhirnya akan digunakan dalam penyelidikan, tambah mereka.

Televisi publik Belanda NOS mengatakan penyandera terluka dan dibawa pergi dengan ambulans.

Tim Wagemakers, seorang jurnalis independen yang berada di gedung terdekat, membuat twit bahwa ada polisi bersenjata lengkap di lokasi tersebut, menambahkan bahwa penduduk setempat telah diminta untuk tetap berada di dalam dan menjauh dari jendela.

Bangunan tempat dia berada dikosongkan selama penyanderaan.

Gambar di media sosial menunjukkan seorang penyerang menahan seorang pria dengan todongan senjata, media lokal melaporkan. Beberapa saksi mendengar suara tembakan di dalam Apple Store, menurut outlet berita AT5.


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya