Sukses

Dosis Vaksin Booster Tambahan Mulai Ditawarkan untuk Lansia di Inggris

Pemerintah Inggris menawarkan dosis vaksin booster untuk lansia di atas 75 tahun dan bagi yang berusia di atas 12 tahun dengan kondisi rentan.

Liputan6.com, Jakarta - Dosis booster tambahan akan ditawarkan kepada semua orang dewasa di atas 75 tahun dan yang paling rentan di atas 12 tahun di Inggris pada musim semi ini.

Dilansir BBC, Rabu (23/2/2022), penasihat vaksin Inggris mengatakan dosis tambahan akan membantu menambah perlindungan mereka terhadap COVID-19 yang parah.

Banyak dari para lansia menerima dosis vaksin terakhir mereka pada musim gugur dan kekebalan sekarang mungkin berkurang. Program ini ditujukan untuk kelompok orang yang lebih luas, dan juga direncanakan akhir tahun ini.

Sampai sekarang, hanya orang dengan sistem kekebalan yang sangat lemah yang memenuhi syarat untuk vaksin dosis keempat, yakni tiga dosis ditambah booster.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Booster Tambahan

Orang dewasa akan ditawari vaksin Pfizer atau Moderna, sedangkan anak-anak berusia 12-18 tahun akan menerima Pfizer. Sekitar 7,2 juta orang di Inggris yang berusia di atas 75 tahun, yang telah mendapatkan vaksin utama Covid-19, akan memenuhi syarat untuk mendapatkan booster pegas tambahan.

Setengah juta orang lainnya yang mengalami imunosupresi, dengan penyakit seperti kanker darah atau yang telah menjalani transplantasi organ atau sedang menerima kemoterapi, juga dapat memperoleh booster tambahan. 

Komite Gabungan untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) mengatakan memvaksinasi kelompok-kelompok ini adalah langkah "pencegahan" dan tidak berarti ada bahaya saat ini bagi kesehatan mereka.

Tetapi karena orang-orang dalam kelompok ini berisiko lebih tinggi dari Covid-19, memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah daripada orang lain dan terakhir divaksinasi pada September atau Oktober 2021, perlindungan mereka dari vaksin mungkin berkurang lebih cepat.

Data menunjukkan bahwa orang tua yang telah memiliki dua dosis vaksin COVID-19 memiliki sekitar 45% perlindungan terhadap masuk rumah sakit dengan Omicron, meningkat menjadi 90% langsung setelah booster pertama mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini