Sukses

Penampakan Meteor di Langit Colorado Bikin Astronom Kebingungan, Kenapa?

Astronom melacak jalur meteor itu melintas dari Steamboat, Colorado, ke perbatasan New Mexico.

Liputan6.com, Denver - Para astronom mengatakan, bola api yang sempat tertangkap melesat melintasi langit Colorado memiliki jalur yang sangat panjang dan bergerak sangat lambat untuk sebuah meteor.

John Keller, direktur Planetarium Fiske, mengatakan meteor yang memicu lusinan laporan ke American Meteor Society pada Jumat (18/2) malam adalah bollide, meteorit yang sangat besar.

Dikutip dari laman UPI.com, Selasa (22/2/2022) Chris Peterson, astronom dari Cloudbait Observatory, mengatakan instrumennya melacak jalur meteor dari Steamboat, Colorado, ke perbatasan New Mexico.

Dia mengatakan kepada CBS Denver bahwa itu "tidak biasa" untuk "jalur" meteor sejauh itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spekulasi Astronom

Peterson mengatakan, meteor itu mungkin memantul karena tambarakn atmosfer dan kembali ke ruang angkasa, atau mungkin telah terbakar habis.

Dia mengatakan meteor itu diperkirakan melaju sekitar 60.000 mil per jam, yang menurutnya sangat lambat untuk ukuran meteor.

Peterson juga mengatakan dia tidak percaya kemungkinan bahwa ada pecahan meteor yang melakukan kontak dengan bumi.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.