Sukses

China dan Mesir Sumbang 500 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 ke Palestina

Bantuan ke Palestina ini menandai pertama kalinya Mesir mengirim vaksin COVID-19 produksi lokal ke luar negeri

Liputan6.com, Kairo - China dan Mesir menyumbangkan 500.000 dosis vaksin COVID-19 ke Palestina untuk meningkatkan upaya negara tersebut melawan pandemi.

Vaksin tersebut diproduksi secara lokal di Mesir melalui kemitraan antara Perusahaan Induk Mesir untuk Produk dan Vaksin Biologi (VACSERA) dan perusahaan biofarmasi China Sinovac, menurut Khaled Abdel-Ghaffar, penjabat menteri kesehatan dan menteri pendidikan tinggi Mesir.

"Kami melakukan pengiriman sejumlah bantuan sebagai hadiah bersama dari China dan Mesir kepada saudara-saudara Palestina kami di Jalur Gaza," kata pernyataan itu mengutip Abdel-Ghaffar, demikian dikutip dari laman Xinhua, Selasa (22/2/2022).

Mesir sejauh ini telah memproduksi lebih dari 30 juta dosis vaksin, dengan keamanan serta efisiensinya dijamin, katanya, seraya menambahkan Mesir telah melakukan kerja sama yang luar biasa dengan China sejak awal pandemi.

"Bantuan ke Palestina ini menandai pertama kalinya Mesir mengirim vaksin COVID-19 produksi lokal ke luar negeri," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Perjuangan Rakyat Palestina

Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang, yang juga hadir pada upacara tersebut, menggambarkan sumbangan bersama sebagai "langkah baru dan penting" di mana pemerintah China dan Mesir bekerja sama untuk membantu rakyat Palestina di Jalur Gaza memerangi pandemi dan mengatasi krisis kemanusiaan di sana.

Menurut Liao, donasi tersebut menunjukkan bahwa baik China maupun Mesir sangat mementingkan kesehatan rakyat Palestina dan perjuangan Palestina.

Hal ini juga mencerminkan tingginya tingkat kemitraan strategis komprehensif antara China dan Mesir.

Sebagai sahabat tulus bagi rakyat Palestina, negara besar yang bertanggung jawab dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, China akan terus bekerja sama dengan masyarakat internasional, termasuk Mesir, untuk mendorong penyelesaian masalah Palestina.

Ini juga membuat keputusan positif soal kontribusi untuk mencapai perdamaian dan stabilitas permanen di Timur Tengah, kata duta besar China.

Nidaa Barghouti, perwakilan dari Kedutaan Besar Palestina di Mesir, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada China dan Mesir, mengatakan bahwa China dan Mesir adalah teman baik rakyat Palestina.

"Pihak Palestina sangat memuji China dan Mesir atas dukungan konsisten mereka untuk tujuan yang adil bagi rakyat Palestina," katanya, seraya menambahkan bahwa vaksin itu sangat penting bagi mereka untuk memerangi pandemi.

3 dari 3 halaman

Infografis Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.