Sukses

Rusia dan Belarusia Memperpanjang Latihan Militer di Ukraina

Rusia dan Belarusia melanjutkan latihan militer di Ukraina.

Liputan6.com, Moskow - Rusia dan Belarusia memperpanjang latihan militer yang akan berakhir pada Minggu 20 Februari. Hal itu disampaikan menteri pertahanan Belarusia, dalam sebuah langkah yang semakin mengintensifkan tekanan pada Ukraina ketika para pemimpin Barat memperingatkan invasi Rusia yang akan segera terjadi.

Menteri Belarusia mengatakan keputusan itu telah diambil "sehubungan dengan peningkatan aktivitas militer di dekat perbatasan luar" Rusia dan Belarusia dan karena meningkatnya ketegangan di wilayah Donbass di Ukraina timur, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (21/2/2022). 

NATO mengatakan, Rusia memiliki hingga 30.000 tentara di Belarus dan dapat menggunakannya sebagai bagian dari pasukan invasi untuk menyerang Ukraina, meskipun Moskow menyangkal niat tersebut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dalam wawancara dengan BBC bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin tidak berpikir logis sehingga ancaman sanksi mungkin tidak cukup untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasukan Rusia di Ukraina

Beberapa hari penembakan di Ukraina timur, yang sebagian besar dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia, telah diikuti oleh penumpukan pasukan Rusia - diperkirakan oleh Barat berjumlah 150.000 atau lebih - di utara, timur dan selatan negara itu.

Rusia telah membantah rencana untuk menyerang Ukraina, meskipun pengerahan pasukan yang dikatakan PM Boris Johnson menyarankan persiapan untuk konflik skala besar.

"Rencana yang kami lihat adalah untuk sesuatu yang bisa menjadi perang terbesar di Eropa sejak 1945 hanya dalam skala besar," kata Johnson kepada BBC.

Johnson mengatakan Amerika Serikat dan Inggris akan berusaha untuk memotong akses perusahaan Rusia ke dolar dan pound jika terjadi invasi, dengan mengatakan sanksi semacam itu akan memberi dampak besar. 

Dengan meningkatnya ketakutan Barat akan perang, Presiden AS Joe Biden dijadwalkan akan bertemu dengan para penasihat utamanya di kemudian hari untuk membahas krisis tersebut. Biden mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia yakin Rusia dapat melancarkan serangan "kapan saja", meskipun ada jaminan dari Kremlin bahwa beberapa pasukan akan kembali ke pangkalan permanen mereka setelah latihan militer.

3 dari 3 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.