Sukses

Joe Biden: AS yakin Rusia Invasi Ukraina dalam Beberapa Hari Mendatang

Joe Biden mengatakan dia "yakin" bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menginvasi Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Joe Biden mengatakan dia "yakin" bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menginvasi Ukraina. Ia memperingatkan bahwa serangan semacam itu bisa terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Berbicara dari Gedung Putih pada Jumat 18 Februari 2022 sore, Biden mengatakan pasukan Rusia "saat ini mengepung Ukraina" dan bahwa Washington yakin Moskow akan menargetkan ibu kota Ukraina, Kiev.

"Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa pasukan Rusia sedang merencanakan dan berniat untuk menyerang Ukraina dalam beberapa minggu mendatang, dalam beberapa hari mendatang," kata Joe Biden kepada wartawan seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (19/2/2022). “" saat ini, saya yakin dia telah membuat keputusan."

"Jangan salah, jika Rusia mengejar rencananya, mereka akan bertanggung jawab atas bencana pilihan dan perang pilihan yang tidak perlu," tambah Biden. "AS dan sekutu kami siap untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO dari ancaman apa pun terhadap keamanan kolektif kami."

Komentar Biden muncul di tengah meningkatnya ketegangan atas penempatan pasukan Rusia di dekat perbatasannya dengan Ukraina, yang selama berbulan-bulan telah memicu peringatan dari Washington dan sekutu Eropanya terhadap kemungkinan invasi Rusia.

Sementara sejauh ini pihak Kremlin menegaskan tidak memiliki rencana untuk menyerang, tetapi Moskow telah menuntut jaminan keamanan dari Barat untuk menjaga Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya keluar dari aliansi militer NATO, tidak menyebarkan senjata di Ukraina dan menarik kembali pasukan NATO dari Eropa Timur.

Pemerintahan Biden secara blak-blakan menolak tuntutan Rusia, dan Moskow mengancam akan mengambil “langkah-langkah teknis-militer” yang tidak ditentukan jika Barat terus menghalangi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Desak Rusia Ambil Jalur Diplomasi

Terlepas dari peringatannya, Biden pada hari Jumat sekali lagi mendesak Moskow untuk memilih jalur diplomasi untuk mengurangi ketegangan. "Rusia masih bisa memilih diplomasi. Belum terlambat untuk menurunkan eskalasi dan kembali ke meja perundingan,” katanya.

Alan Fisher dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Washington, mengatakan bahwa komentar Biden adalah "perubahan yang signifikan" dari 72 jam terakhir, ketika pejabat Gedung Putih mengatakan mereka tidak percaya Putin telah membuat keputusan akhir tentang kemungkinan invasi.

"Jadi itu adalah lompatan besar bagi Joe Biden untuk mengatakan itu. Apa yang dia dasarkan [penilaian] itu, kami tidak dapat memastikannya," kata Fisher, yang menambahkan bahwa "jelas, Joe Biden melihat kemungkinan masih dapat menegosiasikan jalan keluar dari krisis ini".

Sebelumnya pada Jumat 18 Februari, pejabat tinggi keamanan Ukraina Oleksiy Danilov menuduh Rusia melakukan provokasi di Ukraina timur yang dilanda konflik untuk memprovokasi militer Ukraina untuk merespons. Danilov mengatakan Ukraina tidak memiliki rencana untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai separatis dengan paksa, bagaimanapun, menambahkan bahwa invasi Rusia skala penuh ke Ukraina tidak mungkin terjadi.

Para pemimpin separatis yang didukung Moskow di Ukraina timur mengatakan mereka akan mengevakuasi warga sipil ke Rusia karena kekhawatiran eskalasi signifikan dalam pertempuran tumbuh.

Juga pada hari Jumat, badan intelijen militer Ukraina mengatakan memiliki informasi bahwa pasukan khusus Rusia telah menanam bahan peledak di sejumlah fasilitas infrastruktur sosial di Donetsk yang dikuasai separatis.

"Langkah-langkah ini bertujuan untuk mengacaukan situasi di wilayah yang diduduki sementara di negara kita dan menciptakan alasan untuk menuduh Ukraina melakukan tindakan teroris," kata Intelijen Pertahanan dari Dinas Keamanan Negara Ukraina di akun Twitter resminya.

Layanan itu mendesak warga Donetsk untuk tidak meninggalkan rumah mereka dan tidak menggunakan transportasi umum. Dinas Keamanan Federal Rusia tidak segera menjawab permintaan komentar dari kantor berita Reuters atas tuduhan Ukraina.

Sementara itu, pejabat tinggi pemerintahan Biden sekali lagi memperingatkan Rusia bahwa Washington akan menanggapi "dengan tegas dan tegas" jika Moskow memutuskan untuk menyerang.

"Biaya yang ditanggung Rusia akan sangat besar, baik bagi ekonominya maupun posisi strategisnya di dunia," kata Deputi Penasihat Keamanan Nasional Daleep Singh kepada wartawan, Jumat. "Sanksi keuangan kami telah dirancang untuk membebankan biaya besar dan langsung kepada lembaga keuangan terbesar dan perusahaan milik negara di Rusia."

Dia menambahkan bahwa pemerintah AS siap untuk memberlakukan kontrol ekspor yang akan menolak akses Rusia ke "input teknologi" yang hanya diproduksi oleh AS dan sekutunya.

Secara terpisah, AS dan Inggris juga menuduh peretas militer Rusia berada di balik serentetan serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS) minggu ini yang secara singkat membuat situs perbankan dan pemerintah Ukraina offline. Rusia membantah terlibat dalam insiden tersebut.

"Rusia suka bergerak dalam bayang-bayang dan mengandalkan proses atribusi yang panjang," Anne Neuberger, wakil penasihat keamanan nasional AS lainnya, mengatakan kepada wartawan. “Kami percaya pemerintah Rusia bertanggung jawab atas serangan yang meluas terhadap bank-bank Ukraina minggu ini.”

Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan secara pribadi mengawasi latihan militer yang melibatkan "kekuatan strategis" pada hari Sabtu.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan latihan itu akan mencakup beberapa latihan peluncuran rudal balistik antarbenua dan rudal jelajah. Angkatan udara, unit distrik militer selatan, juga karena armada Laut Utara dan Laut Hitam akan terlibat dalam latihan nuklir besar-besaran.

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Jurus Andalan Lawan Monster COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.