Sukses

AirAsia Umumkan Rencana Peluncuran Layanan Taksi Terbang di Asia Tenggara pada 2025

AirAsia menyewa minimal 100 pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik (eVTOL) dari Avolon, yang diharapkan dapat digunakan maskapai sebagai layanan ridesharing udara alias taksi terbang.

Liputan6.com, Singapura - Kita tidak hidup di dunia di mana mobil terbang adalah norma, terlepas dari betapa penuh harapan dan optimisnya kita terhadap hal-hal seperti itu beberapa dekade yang lalu.

Tapi itu tidak berarti kita jauh dari masa depan yang mirip dengan mimpi-mimpi itu.

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman yang tidak mengikat antara AirAsia Aviation Group Limited (AirAsia) yang berbasis di Malaysia dan Avolon yang berbasis di Irlandia, bisnis penyewaan pesawat terbesar kedua di dunia.

Kemitraan baru ini akan membuat AirAsia menyewa minimal 100 pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik (eVTOL) dari Avolon, yang diharapkan dapat digunakan maskapai sebagai layanan ridesharing udara alias taksi terbang dalam waktu dekat, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Minggu (20/2/2022).

Avolon telah memesan 500 contoh VX4 eVTOL dari Vertical Aerospace pada Juni 2021.

Dukungan AirAsia menjadikannya ekspansi pertama pesawat ke Asia Tenggara, membuka jalan bagi moda transportasi udara yang lebih berkelanjutan (dan transportasi secara umum) bagi massa.

"Era digital sekarang. Di VX4, kami telah mengidentifikasi apa yang kami yakini akan menjadi pesawat pilihan eVTOL dan kami sangat senang menjadi maskapai peluncuran untuk pesawat di Asia Tenggara," kata Tony Fernandes, CEO Capital A (sebelumnya AirAsia Group).

"Kami juga senang untuk memperpanjang hubungan jangka panjang kami dengan Avolon, yang memiliki rekam jejak yang terbukti memberikan untuk pelanggannya dan selaras dengan tujuan kami untuk menjadi platform perjalanan dan pengiriman satu atap terkemuka di ASEAN."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Layanan yang Akan Diberikan?

Menawarkan ruang yang cukup untuk lima orang (satu pilot dan empat penumpang), VX4 dapat terbang dengan kecepatan hingga 321 kilometer per jam, dengan jangkauan lebih dari 160 kilometer.

Ini juga diharapkan hampir diam dalam penerbangan (100 kali lebih tenang daripada helikopter di kapal pesiar dan melayang), membuat perjalanan yang tenang dan santai ke mana pun Anda harus pergi.

Plus, Anda tidak akan merusak lingkungan, berkat nol emisi operasi.

Mungkin satu hal yang Anda khawatirkan adalah biaya, tetapi jangan khawatir.

Menurut Vertical, setiap mil penumpang seharusnya berbiaya rendah. Untuk membuat perbandingan dunia nyata, uang yang akan Anda bayarkan untuk naik di VX4 akan dikenakan biaya sedikit lebih dari taksi konvensional di tanah.

Sebut saja layanan ridesharing yang lebih premium tanpa harga mewah.

Menurut Fernandes, penerbangan dapat dimulai pada tahun 2025, dengan perusahaan memprediksi persetujuan yang lebih cepat dari regulator di Malaysia dan Singapura, diikuti oleh Indonesia, Thailand, dan Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini