Badai Eunice Terjang Eropa Barat Laut, 8 Orang Tewas dari Inggris hingga Belanda

Oleh Tanti Yulianingsih pada 19 Feb 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 19 Feb 2022, 11:10 WIB
Ombak menghantam pemecah gelombang dan mercusuar pelabuhan Newhaven, saat Badai Eunice menghantam Newhaven, di pantai selatan Inggris, Jumat, 18 Februari 2022. (AP)
Perbesar
Ombak menghantam pemecah gelombang dan mercusuar pelabuhan Newhaven, saat Badai Eunice menghantam Newhaven, di pantai selatan Inggris, Jumat, 18 Februari 2022. (AP)

Liputan6.com, London - Badai Atlantik telah menghantam Eropa Barat Laut dengan kecepatan angin hingga 196 km (122 mil) per jam, menewaskan sedikitnya delapan orang, mematikan listrik untuk puluhan ribu, dan merobek atap O2 Arena London.

Mengutip Al Jazeera, Sabtu (19/2/2022), Badai Eunice menghantam Inggris barat dan mendarat di Cornwall pada Jumat 18 Februari 2022, di mana ombak menghantam pantai, mengirimkan semburan ombak puluhan meter ke udara.

Seorang wanita tewas di London ketika sebuah mobil yang dia tumpangi tertimpa pohon dan seorang pria di sebuah kendaraan di Liverpool meninggal karena puing-puing yang beterbangan. Seorang pria lain tewas setelah sebuah kendaraan bertabrakan dengan pohon tumbang di daerah Inggris selatan Hampshire.

Di Belanda, tiga orang tewas tertimpa pohon tumbang. Di Belgia, angin kencang membawa derek ke atap rumah sakit, dan seorang pria Inggris meninggal setelah terhempas dari perahunya jatuh ke dalam air.

Seorang pria lain meninggal di Irlandia setelah tertimpa pohon tumbang saat membersihkan puing-puing dari badai, RTE melaporkan.

Sementara itu, angin kencang di London merobek atap kubah putih arena O2 yang telah menampung bintang-bintang dari The Rolling Stones hingga Beyonce dan Rihanna. Gedung-gedung tinggi di London bergetar saat angin bertiup melalui Canary Wharf.

Di Wales, ombak menghantam kawasan pejalan kaki Aberystwyth, beberapa setinggi rumah. Lebih dari 100.000 orang terkena pemadaman listrik karena kabel-kabel runtuh dan pohon-pohon tua tumbang.

"Storm Eunice benar-benar besar," kata Kepala Meteorologi Met Office Frank Saunders. “Kami hanya mengeluarkan peringatan cuaca merah ketika kami merasa ada ancaman terhadap kehidupan dari cuaca.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hembusan Angin Terkuat yang Pernah Tercatat di Inggris, Penerbangan Terdampak

Badai Eunice Melanda Inggris
Perbesar
Ombak menghantam tembok laut dan Mercusuar Porthcawl saat Badai Eunice mendarat di Porthcawl, Bridgend, Wales, Inggris (18/2/2022). Jutaan warga Inggris didesak membatalkan perjalanan dan tinggal di rumah di tengah kekhawatiran gelombang tinggi, angin dan puing beterbangan. (Jacob King/PA via AP)

Kantor Met mengatakan hembusan 196kmph (122mph) tercatat di The Needles di Isle of Wight, untuk sementara rekor hembusan paling kuat yang pernah tercatat di Inggris.

Kemudian pada hari Jumat, Kantor Met mengatakan angin paling kencang dari badai menuju ke Skandinavia dan daratan utara Eropa di mana peringatan dikeluarkan.

Pesawat diterpa angin kencang di beberapa bandara Inggris sehingga pilot terpaksa meninggalkan pendaratan. Siaran langsung landasan pacu Bandara Heathrow ditonton oleh lebih dari 200.000 orang secara online.

Sebanyak 436 penerbangan dibatalkan di seluruh Inggris di tengah rekor angin kencang dari Storm Eunice, menurut data Cirium.

Di Tan Hill Inn, pub tertinggi Inggris di Yorkshire, para staf sibuk mempersiapkan diri meskipun angin hanya bertiup kencang di wilayah Inggris utara.

“Tetapi dengan salju yang turun sekarang, angin semakin kencang, kami sedang bersiap-siap untuk hari yang buruk dan malam yang lebih buruk,” kata pekerja pemeliharaan pub Angus Leslie.

Pejabat Badan Lingkungan Roy Stokes memperingatkan pengamat cuaca dan fotografer amatir agar tidak menuju ke garis pantai selatan Inggris untuk mencari rekaman dramatis, menyebutnya "mungkin hal paling bodoh yang dapat Anda lakukan".

Para ilmuwan mengatakan bahwa ekor badai Atlantik dapat membawa “semburan penyengat” – fenomena meteorologi yang jarang terlihat yang membawa malapetaka ke Inggris dan Prancis utara dalam Badai Besar tahun 1987.


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya