Sukses

11 Orang Hilang dalam Kebakaran Kapal Feri di Yunani

Sebelas orang hilang setelah sebuah feri terbakar di dekat pulau Corfu di Yunani pada Jumat 18 Februari 2022, kata pihak berwenang.

Liputan6.com, Corfu - Sebelas orang hilang dalam kebakaran kapal feri di dekat Pulau Corfu di Yunani pada Jumat 18 Februari 2022, kata pihak berwenang.

Kapal penyelamat bergegas mengevakuasi 290 orang di atas kapal Euroferry Olympia, termasuk dua pengemudi truk yang terperangkap di dalam palka, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/2/2022).

Feri itu telah meninggalkan Igoumenitsa di Yunani menuju pelabuhan Brindisi di Italia ketika kebakaran terjadi di dek mobil.

Kapten mengatakan kepada semua orang untuk pergi saat feri dilahap api dan mulai mengepul gumpalan asap tebal.

Penjaga pantai Yunani mengatakan 239 penumpang dan 51 awak berada di feri, yang dimiliki oleh perusahaan Italia Grimaldi Lines.

Sebagian besar penumpang adalah warga negara Italia, menurut gubernur kepulauan Ionia Rodi Kratsa-Tsagaropoulou, sementara krunya adalah orang Yunani dan Italia.

Para pejabat Italia mengatakan 277 dari mereka yang berada di kapal dibawa ke tempat yang aman dan 10 dari mereka dirawat di rumah sakit karena masalah pernapasan dan cedera ringan.

Beberapa jam kemudian, tim penyelamat berhasil mencapai dua orang yang terdampar di palka dan menerbangkan mereka dari kapal.

Tidak ada kabar tentang 11 orang yang hilang, tetapi sepanjang hari para pejabat telah mencoba untuk mengkonfirmasi berapa banyak orang yang dapat meninggalkan feri ketika perintah untuk meninggalkan kapal diberikan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Kejadian

Feri meninggalkan pelabuhan Igoumenitsa di pantai barat Yunani sekitar pukul 01:50 (23:50 GMT pada hari Kamis). Kebakaran diduga terjadi di salah satu dek mobil di palka. Para kru awalnya mencoba memadamkannya sebelum kapten memberi perintah untuk meninggalkan kapal sekitar pukul 04:20.

"Dalam waktu satu jam kami telah meninggalkan kapal, kami diselamatkan oleh kru," kata seorang penumpang kepada TV Yunani.

Baik penumpang dan awak menaiki sekoci di dekat pulau Ereikousa sebelum dijemput oleh kapal-kapal di daerah tersebut. Sebuah kapal bea cukai Italia yang lewat adalah yang pertama di tempat kejadian.

Polisi bea cukai mengatakan kapal patroli mereka Monte Sperone telah menyelamatkan 243 orang di dalamnya.

Api masih menyala pada Jumat malam, tetapi tim penyelamat khusus Yunani dapat naik ke kapal lebih dari 12 jam setelah kebakaran terjadi.

Seorang penumpang mengatakan kepada media Yunani bahwa beberapa orang telah tidur di kendaraan mereka ketika alarm dibunyikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini