Sukses

Beri Petunjuk Pembawa COVID-19 dari Hong Kong, Kota di China Tawarkan Uang hingga Rp 453 Juta

Sejumlah kota di China menawarkan uang tunai bagi penyelidik penyelundupan jaringan manusia yang membawa COVID-19.

Liputan6.com, Beijing - Beberapa kota di China selatan menawarkan hadiah uang tunai senilai puluhan ribu dolar untuk petunjuk pada jaringan penyelundupan yang membawa pembawa virus corona COVID-19 dari Hong Kong melintasi perbatasan daratan.

Beijing telah mematuhi strategi ketat nol-COVID yang menjaga jumlah infeksi tetap rendah dengan menerapkan penutupan perbatasan yang ketat, penguncian yang ditargetkan, dan karantina yang panjang. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (18/2/2022). 

Kedatangan virus dari Hong Kong - yang sedang berjuang melawan peningkatan serius dalam kasus virus corona - biasanya menjalani isolasi selama berminggu-minggu.

Tetapi empat orang dinyatakan positif COVID-19 pada Senin (14 Februari) setelah secara ilegal memasuki daratan China dari kota tanpa karantina, menurut otoritas setempat yang mengumumkan hadiah uang tunai untuk petunjuk tentang penyelundupan manusia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tawaran Uang Tunai

Sebuah pemberitahuan pada hari Kamis oleh polisi di Huizhou, sebuah kota tidak jauh dari perbatasan, mengatakan mereka ingin "memobilisasi massa" untuk berpartisipasi dalam pekerjaan anti-penyelundupan dan menjaga dari kasus virus impor.

"Mereka yang melaporkan petunjuk tentang kegiatan penyelundupan yang ditemukan ilegal atau kriminal akan diberikan hadiah hingga 200.000 yuan (Rp 453 juta)," kata pihak berwenang Huizhou.

Mereka juga merinci jumlah uang tunai yang berbeda untuk melaporkan kapal penyelundupan atau mengatur orang lain untuk melintasi perbatasan secara ilegal.

Pemberitahuan serupa telah dikeluarkan setidaknya di lima kota lain, dengan satu distrik mengatakan bahwa mereka membagikan 10.000 yuan (Rp 22,6 juta) hampir sehari setelah pengumuman hadiah.

Dua kasus positif virus corona ditemukan di provinsi Hunan tengah minggu ini, dengan polisi setempat mengatakan mereka "masuk dari Hong Kong melalui cara ilegal" melalui kota pesisir sebelum menggunakan kendaraan yang menunggu dan ponsel untuk berjalan lebih jauh ke pedalaman.

Mereka sekarang sedang diselidiki oleh keamanan publik.

Pasangan lainnya ditemukan di provinsi Guangdong selatan pada hari Selasa, setelah memasuki daratan China sehari sebelumnya.

Menurut laporan media Hong Kong, 15 orang telah diselundupkan ke daratan China dalam beberapa hari terakhir melalui sebuah kota di provinsi Guangdong.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.