Sukses

Dubes Rusia Untuk RI Samakan Krisis Ukraina dengan Film Spin Doctor

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva berkata tuduhan AS soal invasi Ukraina mirip film Wag the Dog yang dibintangi Robert de Niro.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, menyangkal tuduhan Amerika Serikat terkait invasi Ukraina. Ia bahkan menyamakan hal ini dengan film Hollywood tentang seorang spin doctor

"Situasi ini mengingatkan saya kepada sebuah film, mungkin kamu pernah menontonnya, pada tahun 1990-an. Judul filmnya Wag the Dog," ujar Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva pada konferensi pers virtual, Kamis (17/2/2022).

"Itu menceritakan situasi ketika Kementerian Luar Negeri AS yang mengarang perang yang membuat semua orang percaya bahwa itu benar-benar terjadi. Jika kamu belum menonton film ini, saya sangat merekomendasikannya karena hal itu mengingatkan saya apa yang terjadi," ujar Dubes Rusia.

Film Wag the Dog dibintangi oleh Robert de Niro, Dustin Hoffman, dan Kirsten Dunst. Robert de Niro berperan sebagai spin doctor yang mengarang perang di Albania. Tujuannya untuk mengalihkan isu dari presiden yang ketahuan menggoda gadis di bawah umur di Gedung Putih. 

Film itu diadaptasi dari novel American Hero karya Larry Beinhart.

Rusia hingga kini terus membantah bahwa akan menyerang Ukraina, meski mereka dituding membawa sekitar 100 ribu pasukan di perbatasan Ukraina. Dubes Vorobieva berkata bahwa pasukan itu hanya latihan saja dan pasukan sedang ditarik mundur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemlu Pastikan Kondisi WNI di Ukraina Aman

Di pihak lain, Direktur Pelindungan WNI, Judha Nugraha menyampaikan informasi terkini mengenai kondisi warga Indonesia di Ukraina. 

"Untuk perlindungan WNI yang ada di Ukraina, sebagaimana media sudah pantau, terdapat informasi bahwa pada 16 Februari 2022, Rusia akan menyerang Ukraina," ujar Judha dalam konferensi pers secara online, Kamis (16/2).

"Namun berdasarkan pantauan dari KBRI Kiev pada hari ini, kondisi di Ukraina relatif aman, kondisi kehidupan masih berjalan dengan normal, warga setempat juga tetap tenang."

Berdasarkan catatan dari KBRI Kiev saat ini terdapat 138 WNI yang tinggal mayoritas di Kiev dan Odessa, sisanya tersebar di beberapa kota.

"Dalam hal ini KBRI Kiev terus menjalin komunikasi dengan seluruh warga kita, pak Dubes Gafur telah mengadakan kontrol meeting dengan WNI kita dan untuk memastikan kondisi mereka," ujar Judha Nugraha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.